Meninggal Melaut, 1200 Nelayan Ini Bisa Dapat 42 Juta

Meninggal Melaut, 1200 Nelayan Ini Bisa Dapat 42 Juta

BPJS kesehatan--

 

 


PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Sebanyak 1.200 orang nelayan di Kabupaten Seluma akan dijamin keselamatannya oleh pemerintah daerah setempat.

 

Mereka akan mendapatkan jaminan selama menjalankan aktivitasnya sebagai nelayan. Pemerintah daerah akan membagikan BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu dekat.

Jika nelayan meninggal dunia saat sedang melaut atau mencari ikan akan dapat asuransi sebesar Rp42 juta.

 

BACA JUGA:Kopi Tumbuk Lesung, Bisnis yang Bernuansa Wisata

 

Apabila mengalami cacat atau luka akibat melaut maka nelayan akan ditanggung pengobatannya sampai dengan selesai.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Zuraini mengatakan bahwa santunan tersebut diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Bengkulu. Setelah Pemkab Seluma menjalin kerja sama jaminan ketenagakerjaan.

 

"Selama ini nelayan yang ada di Kabupaten Seluma belum ada jaminan. Alhamdullilah saat ini sudah ada," tegas Zurai, kemarin.

 

BACA JUGA:Rehap SMPN 12 Seluma Telah Anggaran 2,6 M

 


Lebih lanjut, menurutnya iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan ini sudah ditanggung oleh APBD Seluma untuk 1.200 nelayan yang sudah terverifikasi oleh Dinas Perikanan. "Ada 1.200 nelayan yang terverifikasi. Untuk pembayaran iuran sudah ditanggung pemerintah daerah melakukannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," sambungnya.

 


Untuk besaran iurannya sendiri sebesar Rp16.800 setiap bulannya setiap satu orang nelayan. Kemudian selain mendapatkan jaminan kematian. Para nelayan juga akan mendapatkan hak pengobatan. Jika terjadi kecelakaan kerja saat sedang berakitivas sebagai nelayan. Untuk jaminan pengobatan ini tidak terbatas. Sampai nelayan yang bersangkutan sembuh.

 


"Untuk jaminan pengobatan jika terjadi kecelakaan dalam beraktivitas sebagai nelayan maka mendapatkan jaminan pengobatan sampai sembuh. Baik rawat inap, maupun rawat jalan," pungkasnya.

 


Sementara itu kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Bengkulu M Nuh menyampaikan pihaknya sudah menjadwalkan untuk penyerahan BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan. Tinggal menunggu informasi dari bupati untuk jadwal penyerahannya

 

. "Dalam waktu dekat akan kita bagikan. Kita tinggal tunggu momentum saat bupati ada kegiatan," tutupnya. (adt)

 

 

Sumber: