Puskesmas Talang Tinggi Bagikan Obat Cacing Kepada 1.846 Anak

Puskesmas Talang Tinggi Bagikan Obat Cacing Kepada 1.846 Anak

--

SELUMA BARAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma melalui faskes membagikan obat cacing dan kunjungan rutin kerumah warga dan sekolah untuk pemeriksaan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan gula darah.

 

Seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat, pihak Puskesmas membagikan obat cacing kepada balita sebanyak 525 anak, PAUD 248 anak dan anak yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) sebanyak 1.073 anak dan total pembagian obat cacing di Seluma Barat sebanyak 1.846 anak.

 

" Pemberian obat cacing salah satu program pencegahan stunting serta Tujuan pemberian obat cacing ini untuk mengobati dan mencegah kecacingan pada anak yang disebabkan oleh cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi dan cacing cambuk yang dapat menghambat pertumbuhan pada anak.Sehingga kalau anak tidak terjangkit cacingan kesehatan dan perkembangan anak akan normal, sesuai dengan yang kita harapkan untuk kesehatan para generasi" kata Weri ,Kepala Puskesmas Talang Tinggi, Rabu, (14/3).

 

Ditambahkannya, Penyakit cacingan jadi salah satu hal paling ditakutkan orang tua terjadi pada anak-anaknya.

 

Cacing yang tumbuh dalam tubuh anak bisa menyerap nutrisi dan membuat anak jadi lemas, pertumbuhannya tak berjalan baik dan berdampak negatif pada konsentrasi serta prestasinya di sekolah.

 

Gejala infeksi cacing bisa ringan hingga berat. Pada infeksi cacing ringan, gejalanya cenderung tidak tampak. Gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar. (ndo)

Sumber: