Asyik, Pekan Ini Dana BOS SMP Cair

Asyik, Pekan Ini Dana BOS SMP Cair

--

PEMATANG AUR - Jika tidak ada perubahan maka dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 48 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan satu SMP swasta tahap pertama, gelombang pertama dalam pekan ini segera cair. 

Namun BOS tahun 2022 yang sebelumnya mencapai Rp9 miliar tahun ini justru turun senilai Rp1 miliar menjadi Rp8,5 miliar.

Hal ini dipengaruhi oleh jumlah siswa yang juga mengalami penurunan yang kini hanya 7.739 siswa khusus SMP.

Sedangkan tahun lalu ada 8.000 siswa atau pelajar. Karena yang menjadi indikator penentu besaran BOS adalah jumlah siswa.

"Tahap 1, gelombang pertama Insya Allah dalam pekan ini cair," kata Marwan Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Seluma, kemarin. Dijelaskannya saat ini Disdikbud Seluma tengah mempersiapkan proses pencairan anggaran tersebut.

Nantinya dana BOS ini akan dikirim langsung ke rekening sekolah penerima. Dalam hal BOS Disdikbud hanya memfasilitasi sekolah.

Seluruh kelengkapan pencairan BOS disiapkan oleh sekolah penerima.

"Proses pencairannya nanti akan langsung ke rekening sekolah penerima," singkatnya. Salah satu syarat untuk pencairan dana BOS, sekolah sudah menyampaikan surat pertanggungjawaban (SPj) manual Dana BOS tahap ketiga tahun 2022 ke Disdikbud Seluma.

Terlepas dari itu tahun ini juga informasinya BOS disalurkan sebanyak dua tahap. Tahap pertama 50 persen dan tahap kedua 50 persen.

Sedangkan tahun 2022 ada tiga tahap penyaluran BOS. Bahkan tahun 2021 ada empat tahap pencairan. Untuk BOS sekolah dasar (SD) sebesar Rp18, 7 miliar. Itu sebanding dengan jumlah pelajar SD sebanyak 20.700. Tahun ini ada 184 SD di Seluma yang menerima BOS.
Kemudian untuk BOS SD sekolah diminta untuk segera melengkapi persyaratan sehingga dalam waktu dekat BOS bisa disalurkan sesuai dengan jadwalnya yaitu Februari dan Maret.(adt)

Sumber: