Los Tebat Ratu Tunggu Perdes, Wisata Baru di Seluma..Keren

Los Tebat Ratu Tunggu Perdes, Wisata Baru di Seluma..Keren

--

LUNJUK - Seperti terlihat di Tebat Ratu Desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat, fasilitas wisata mulai dibangun walaupun baru dua jenis yaitu bangunan anjungan pingir jalan dan losnya serta merek wisata.

 

Namun los yang dibangun tahun 2022 bersumber dari dana desa (DD) sampai sekarang belum berfungsi.

 

Menurut kades lunjuk Fengky yang dijumpai dikediamannya mengatakan bahwa los di atas anjungan tebat ratu memang belum difungsikan karen masih menunggu Perdesnya.

 

"Los itu belum dapat difungsikan atau dikelola, karen masih menunggu perdes. Dalam perdes tersebut dirancang aturan pengelolaannya termasuk sewanya.

Rancangan kami dari pemerintah desa, sewa los sebesar Rp300 ribu/bulan, aturannya si penyewa akan bayar di awal dengan lama sewa bertahap, bisa 3 bulan, atau diperpanjang, besaran sewa juga tidak mutlak, bisa berubah baik turun ataupun naik tergantung dari keadaan pengunjung dan pendapatan dari si penyewa," ungkapnya.

Kamudian yang menyewa akan dibebankan tanggung jawab kebersihan, dan yang dianggap perlu.

"Penyewa ditentukan berdasarkn permohonan peminat. Karen losny cuma baru ada lima, maka jika peminat melebihi dari jumlah los, maka penentuannya akan diundi. Yang berhak mengelola berarti yang menang saat diundi, kemudian pemenng akan dibebankan seperti kebersihan dan yang dianggap perlu lainnya. Untuk kiri kanan los diperuntukkan bagi penjual lainnya seperti buah buahan di musim buah, sayuran dengan biaya harian sebesar Rp5 ribu/hari," lanjutnya.

Untuk sentara pengaturan pengelolaan los masih dipegang pemerintah desa.

 

"Untuk tahun ini pengelolanya masih dipegang pemerintah desa, karena waktunya tinggal beberapa bulan lagi, jika menungkinkan tahun depan bisa dilimpahkan ke BUMDes," imbuhnya. Fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah desa selain bangunan berupa listrik dan air bersih. (mrs)

 

 

Sumber: