2023, Distan Seluma Usulkan 50 Ribu Bibit Pisang

2023, Distan Seluma Usulkan 50 Ribu Bibit Pisang

Kadis Pertanian Seluma, Arian Sosial--

 

 

 

BUNGAMAS, radarselumaonline,  - Dalam upaya melaksanakan program ketahanan pangan untuk di wilayah Kabupaten Seluma.
 
Pada tahun 2023 ini, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Seluma melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma akan mengusulkan bibit pisang ke Direktorat  Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI.
 
 
"Untuk usulan bibit pisang pada tanggal 8 Februari kemarin. Saya bersama dengan Bupati langsung ke Direktorat  Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Diterima langsung oleh Direktur Perbenihan Hortikultura Kementan RI Dr Inti Pertiwi Nashwari, SP MSi," sampai Kepala Distan, Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP MSi saat dikonfirmasi Radar Seluma diruang kerjanya.
 
 
 
Diterangkan Arian, adapun untuk mengusulkan bantuan benih pisang tersebut yakni jenis Pisang Barangan. Usulan benih tersebut telah diusulkan sebanyak 50 ribu bibit. Dimana nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Seluma.
 
 
"Alhamdulillah usulan kita direspon, di tahun ini insyaallah akan terealisasi," ujarnya.
 
 
Ditambahkannya, hanya saja dari data usulan yang telah disampaikan. Pihak Direktorat  Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI meminta kepada pihaknya (Distan). Untuk dapat melakukan perbaikan pada data Calon Petani Calon Lahan (CPCL).
 
Dimana perbaikan CPCL tersebut lantaran, pada usulan awal direncanakan untuk penyaluran bantuan bibit akan dilakukan menyebar ke masyarakat. Hanya saja pihak dari Direktorat  Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI meminta untuk penyaluran dilakukan perkelompok. Hal tersebut dikarenakan nantinya dapat dilakukan pemantauan.
 
 
"Nantinya direncanakan akan dibagi per kecamatan. Sehingga ada 14 kelompok nantinya. Diperkirakan di bulan Maret atau April nantinya dapat terealisasi," pungkasnya.(ctr)
 

 

 
 
 

Sumber: