Ganti Rugi Lahan, 3 Pabrik CPO Ini Segera Dibangun

Ganti Rugi Lahan, 3 Pabrik CPO Ini Segera Dibangun

Kepala DLH Kabupaten Seluma, Sudarman--

 
 
 
PEMATANG AUR, radarselumaonline,  - Di tahun 2023 ini, sejumlah investor yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit mulai berminat mendirikan pabrik Crude Palm Oil (CPO) di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.
 
Dari data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Seluma, sudah setidaknya ada tiga invertor yang telah mengajukan izin atau prospek untuk pendirian pabrik CPO di wilayah Kabupaten Seluma.
 
 
"Investor yang bakal investasi di Kabupaten Seluma ini, khusus untuk pabrik CPO yang sudah ada progres nya ini ada tiga pabrik CPO," sampai Kepala DLH Kabupaten Seluma, Sudarman, SP saat dikonfirmasi Radar Seluma di ruang kerjanya.
 
 
Adapun ketiga perusahaan pabrik CPO yang saat ini telah dilakukan survey dan melakukan pembebasan lahan yakni. PT Agra Sawit Indo (ASI) yang akan berdiri di Desa Sukabulan, Kecamatan Talo Kecil. Dimana pabriknya akan dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 40 hektare.
 
PT Seluma Sawit Lestari (SSL) yang berada di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Sukaraja. Yang rencananya akan didirikan dilokasi lahan seluas kurang lebih 25 hektare. Dimana pada saat ini sudah mulai dilakukan land clearing (pematangan lahan).
 
 
 
Serta PT Mutiara Sawit Seluma (MSS) yang akan berdiri di Desa Sendawar, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Dimana nantinya akan didirikan dilokasi lahan seluas kurang lebih 44 hektare.
 
"Yang jelas mereka sudah menyelesaikan ganti rugi untuk lokasi pabrik," tegasnya.
 
 
Dengan berdirinya tiga lokasi pabrik CPO baru di Kabupaten Seluma ini. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani. Dengan harga TBS yang lebih kompetitif dengan pabrik CPO yang telah ada saat ini. Yakni PT Agri Andalas, PTPN VII unit Talo Pino (PT CGG), PT Agrindo Indah Persada dan PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL)
 
Selain itu, dengan berdirinya tiga pabrik CPO baru nantinya untuk di wilayah Kabupaten Seluma. Diklaim dapat mengurangi angka pengangguran untuk di Kabupaten Seluma.(ctr)
 
 
 
 

Sumber: