Lagu Daerah Mulai Ditinggalkan, Lakukan Ini?

Lagu Daerah Mulai Ditinggalkan, Lakukan Ini?

Budayawan daerah Bengkulu Selatan--

 

BENGKULU SELATAN, radarselumaonline,   - Seiring dengan kemajuan zaman ditambah canggihnya teknologi seperti sekarang ini. Banyak masyarakat yang kurang memperhatikan hasil karya seni dan musisi asli daerah.
 
 
Seperti halnya lagu daerah. Kabupaten BS memiliki banyak sekali lagu daerah yang merupakan ciptaan para musisi putra dan putri asli daerahnya. Sayangnya, lagu-lagu tersebut seakan terabaikan dan sudah sangat jarang terdengar di telinga masyarakat BS itu sendiri.
 
 
 
 
Yusnan Gunadi (55) seniman BS  atau yang akrab disapa Pak Betuk menuturkan, masyarakat di BS khususnya para muda-mudi saat ini sudah sangat mengabaikan lagu-lagu asli daerah. Khususnya seni musik lagu daerah, sejak beberapa tahun terakhir sudah mulai menghilang di masyarakat.
 
 
Bahkan, diperkirakan sekitar 10 tahun belakang lagu daerah sudah sangat jarang dimainkan ataupun ditampilkan di acara-acara.
 
 
"Setiap ada acara-acara besar pasti selalu ditampilkan satu atau dua lagu daerah. Namun, sejak beberapa tahun ini jarang sekali ada terdengar lagu daerah di acara-acara,"ungkap Gusnan.
 
 
 
 
Dikatakan Yusnan, bukan tidak mungkin keberadaan lagu-lagu daerah ini benar-benar hilang di masyarakat. Khususnya para anak milenial tentu banyak yang tidak mengetahui lagu-lagu asli daerahnya sendiri.
 
Karena mereka lebih sering mendengarkan lagu-lagu nasional yang diciptakan artis-artis terkenal. Pemerintah seharusnya ikut ambil peran dalam menjaga agar lagu-lagu daerah ini kembali dicintai warga.
 
"Peran pemerintah dengan mengadakan perlombaan menyanyi lagu daerah atau   menggelar lomba menciptakan lagu daerah, cara hidupkan lagu daerah,"pesan Yusnan.
 
 
 
Hal Senada diutarakan Dali Yazit (52), saat ini 
 anak-anak muda lebih cenderung menyukai lagu-lagu daerah luar. Sehingga lagu daerah sendiri banyak yang tidak tahu. Maka dari itu agar para seniman musik BS bisa percaya diri dan bisa berkreasi, perlunya dukungan. 
 
 
 
"Untuk membangkitkan kembali seniman di Kabupaten BS. Salah satunya yakni dengan menggelar lomba lagu daerah,"demikian Dali.(,yes)
 
 
 
 

Sumber: