Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada

Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada

Prediksi BMKG caca buruk--

 

 

SELUMA, radarselumaonline,  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk yang akan terjadi hingga awal bulan Februari. Hal tersebut lantaran, beberapa wilayah yang berada di Provinsi Bengkulu termasuk Kabupaten Seluma berpotensi dilanda hujan berintensitas sedang hingga lebat. Hingga disertai petir dan angin kencang.

 

 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu, Anang Anwar mengatakan bahwa, timbulnya kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya belokan angin di Wilayah Bengkulu dan juga kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas. Serta stabilitas udara yang cukup signifikan di atmosfer Bengkulu. 

 

BACA JUGA: Petani di Pasar Seluma Terancam Gagal Panen

 

"Inilah yang menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu, termasuk di wilayah Kabupaten Seluma," sampainya. 

 

Dimana, dari informasi yang diberikan BMKG. Ada lima kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma berpotensi hujan lebat dan disertai petir. Yakni wilayah Kecamatan Semidang Alas (SA), Semidang Alas Maras (SAM), Ilir Talo, Talo dan wilayah Kecamatan Talo Kecil. 

 

Anang juga mengatakan, selain waspada terhadap hujan. Masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Seluma juga diharapkan, untuk dapat waspada dengan adanya potensi lainnya. Seperti Bencana Hidrometeorologi, meliputi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang dan beberapa ancaman bencana lainnya. 

Sumber: cuacara buruk