Hati - Hati Penipu Online Atas Namakan Perbankan

Hati - Hati Penipu Online Atas Namakan Perbankan

Pesan dari penipu.--

TAIS - Maraknya berita hoax dan penipuan online yang mengatasnamakan pihak perbankan serta nama-nama pejabat saat ini, masyarakat harus lebih jelih agar tidak tertipu.

 

BACA JUGA:Waspada! Ada Penipu Catut Nama Wakil Bupati Seluma..

BACA JUGA:Kajari Seluma Turunkan 4 Jaksa, Tangani 3 Mantan Pimpinan DPRD Seluma

 

Kini tengah beredar pesan WhatsApp yang berkedok mengirimkan undangan pernikahan, itu adalah penipuan karena yang dikirimkan oleh penipu itu adalah aplikasi yang dapat mecuri data diri serta sangat berbahaya kalau diklik atau diunduh.

 

BACA JUGA:Waspadai Penipuan Mengatasnamakan BRI

 

Kepala Unit BRI Tais , Amrul Effendi mengatakan masyarakat kususnya nasabah Bank harus berhati-hati karena dikatakannya target pelaku bukan hanya nasabah BRI melainkan seluruh nasabah Bank lainnya.

 

" Modusnya melalui pesan undangan pernikahan di WhatsApp berisi file Apk, pesta panen hadiah mengatasnamakan BRI (di berikan nomor undian dan akan dihubungi agar memberikan kode OTP), selanjutnya modus pemberian subsidi dari pemerintah dengan modus penyaluran melalui BRI (file APK)" jelas Amrul.

 

Lanjutnya, nasabah dari perbankan manapun harus mengenali selalu contact center resmi dari pihak Bank, dan kalau ada pesan whatsAPP dan SMS harus dikonfirmasikan langsung kepada pihak Bank dengan cara mendatangai Bank yang mengirimkan pesan untuk meminta petunjuk benar atau tidaknya pesan tersebut, kalau pesan berbentuk apk jelas itu adalah penipuan. (ndo)

Sumber: