Desa Ini Terbesar Dapat DD di Seluma, Jumlahnya Fantastis

Desa Ini Terbesar Dapat DD di Seluma, Jumlahnya Fantastis

Kepala PMD Kab Seluma--

 
 
PEMATANG AUR, radarselumaonline.com - Berbicara terkait kucuran dana anggaran program Dana Desa (DD) untuk di wilayah Kabupaten Seluma di tahun 2023 ini.
 
Dari total sebanyak 182 desa yang berada di wilayah Kabupaten Seluma.
 
Desa yang terbesar menerima anggaran pagu DD yakni, Desa Talang Kabu yang berada di Kecamatan Ilir Talo, dengan besaran anggaran mencapai Rp 1,2 Miliar
 
 
Sedangkan untuk pagu dana terkecil di Desa Muara Timput, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dengan pagu anggaran sebesar Rp 596 juta.
 
"Untuk tahun anggaran 2023 di Kabupaten Seluma berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 201 Tahun 2022, tentang pengelolaan dana desa dalam lampiran PMK tersebut sudah merinci pagu masing-masing desa," sampai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto, MSi melalui Kepala Bidang Pembangunan dan Pembinaan Masyarakat, Agus Darmawan.
 
 
Terkait dengan besar kecilnya perolehan anggaran DD yang diperoleh masing-masing desa menurutnya, dilihat dari alokasi dasar berdasarkan banyak dan sedikitnya jumlah penduduk.
 
Serta dilihat dari alokasi afirmasi dipengaruhi oleh faktor jumlah penduduk miskin dan status desa tertinggal atau sangat tertinggal.
 
 
Serta alokasi kinerja tergantung kemampuan dalam pengelolaan keuangan desa.
 
Alokasi formula dipengaruhi oleh jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah dan indeks kesulitan geografis.
 
"Faktor nominalnya bisa besar dan kecil ditentukan atas empat faktor. Yaitu, alokasi dasar, alokasi formasi dan alokasi formula," terangnya.
 
 
 
Dari sebanyak 182 desa yang berada di wilayah Kabupaten Seluma saat ini sudah bisa mengajukan pencairan dana desa untuk tahap pertama di tahun anggaran 2023 ini.
 
Asalkan desa telah menyelesaikan APBDes sebagai syarat pengajuan pencairan.
 
 
"Untuk total keseluruhan anggaran yang dikucurkan di Kabupaten Seluma sebesar total kurang lebih 147 Miliar lebih," pungkasnya.(ctr)

Sumber: