2023, BLT DD Masih Ada ? Ternyata............

2023, BLT DD Masih Ada ? Ternyata............

--

Tahun 2023, 182 desa di kabupaten Seluma masih harus tetap mengalokasikan dana desa(DD), untuk pemberian bantuan langsung tunai (BLT) minimal 10 persen dengan maksimal 25 persen. Serta 20 persen untuk ketahanan pangan. Termasuk prioritas pembangunan desa.
 
 
 
“Pengelolaan DD Tetap harus berpatokan pada PMK 21 dan Permendes 2022 sehingga desa harus menjadikan patokan dalam penyusunan DD Tahun 2023 ini,”tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD) Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto MSi.
 
 
 
Diterangkan, untuk pengelolaan DD berdasarkan skala prioritas desa. Jelas harus mengacu kepada hasil musyawarah desa yang dilaksanakan sebelumnya. Mulai dari perencanaan yang sudah dilakukan sebelumnya. 
 
 
 
 
“Yang jelas harus berdasarkan skala prioritas desa dengan kesepakatan. Jangan sampai, pembangunan dilakukan secara sepihak,”sampainya.
 
 
 
 
Ditambahkan, untuk besaran DD tahun 2023 ini besaran setiap desa berbeda beda. Bahkan ada beberapa desa yang mengalami penurunan dan juga ada beberapa desa yang mengalami kenaikan DD. Dengan penghitungan dari kementrian keuangan. Salah satunya adalah letak geografis desa dan infrastruktur desa. 
 
 
 
“Yang jelas desa terpencil dan tertinggal serta jumlah penduduk menjadi acuan dalam penetapan dana desa ini,”sampainya.
 
 
 
 
 
Elmanto menambahkan, untuk tahun 2023 ini seluruh desa harus terlebih dahulu menyusun APBDes. Dengan menyampaikan rencana kegiatan tahun 2023, termasuk pembagian BLT serta ketahanan pangan juga harus sudah di masukkan agar dalam realisasi anggaran.
 
 
“APBDes juga syarat dalam pencairan dana desa tahap awal. Termasuk wajib menyampaikan laporan realisasi dana desa tahun 2022 lalu,”ujarnya.

Sumber: blt