Biar tahu Saja, 2023 Belasan Miliar Bantuan ke Masjid di Pemprov Bengkulu

 Biar tahu Saja, 2023 Belasan Miliar Bantuan ke Masjid di Pemprov Bengkulu

Gubernur Bengkulu sat memberikan bantuan ke masjid--

 

 

BENGKULU, radarselumaonline - Buat pengurus masjid di seluruh kawasan BENGKULU, ternyata belasan miliar yang dialokasikan untuk masjid-masjid di BENGKULU tahun 2022 lalu.  Bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) BENGKULU telah menyalurkan dana anggaran hibah keagamaan di wilayah BENGKULU

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) BENGKULU melaui Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Pemkesra), tahun ini bakal mengucurkan lagi bantuan hibah bagi masjid dan  organisasi keagamaan di BENGKULU.

 

bantuan hibah keagamaan dialokasikan lebih kurang sebesar Rp 17 miliar dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022 untuk bantuan 209 masjid dan 40 organisasi  keagamaan dan non keagamaan penerima hibah.

 

Kepala Biro (Karo) Pamkesra Provinsi BENGKULU, Syarifuddin, S.Sos, M.Si, mengatakan, dana hibah yang dianggarkan untuk 209 masjid hanya dicairkan terhadap 204 masjid saja. 5 masjid batal menerima bantuan lantaran sudah mendapatkan alokasi bantuan dana hibah dari pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Sehingga bantuan tidak diberikan agar tidak tumpang tindih. 

 

"Dari proposal yang kita  terima dan berdasarkan hasil konfirmasi kami untuk 5 masjid sudah mendapatkan di tahun yang sama dari APBD kabupaten/kota. Agar sumber pembiayaan ini tidak tumbang tindih kami memutuskan untuk tidak dicairkan," ungkap Syarifuddin. 

 

Dari 5 masjid yang dibatalkan ini tersisa anggaran sebesar Rp 296 juta yang digunakan untuk hibah keagamaan tahun 2023. 

 

Syarifuddin sendiri menyebut, untuk masjid di wilayah BENGKULU sekitar 4 ribu masjid, sehingga dalam pemberian bantuan hibah keagamaan akan dilakukan secara bertahap dengan sasaran sekitar 200 hingga 300 masjid setiap tahunnya. Dan di tahun 2023 ini pihaknya telah menerima proposal pengajuan hibah sebanyak 300 proposal. 

 

"300 masjid sudah kita verifikasi dan sudah teranggarkan. InsyaAllah kami berjuang dan berusaha supaya bisa disalurkan sebelum ramadhan," pungkasnya.(Ken)

 

Sumber: