Hingga Januari, Cuaca Ekstrim Mengancam Nelayan

Hingga Januari, Cuaca Ekstrim Mengancam Nelayan

Jalan banjir--

 

PEMATANG AUR, radarselumaonline.com - Kondisi cuaca Ekstrem yang saat ini terjadi di perairan laut yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Membuat Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, menghimbau kepada seluruh masyarakat. Khususnya kepada para nelayan yang berada di wilayah Kabupaten Seluma, untuk tetap selalu waspada.

Mengingat kondisi curah hujan yang telah tejadi sejak Kamis (29/12) pagi, hingga sore. Dikhawatirkan dapat mengakibatkan dampak buruk bagi para nelayan. Para nelayan dihimbau untuk melakukan pengurangan aktivitas disaat kondisi cuacah seperti saat ini.

Lantaran dikhawatirkan dapat mengakibatkan musibah bencana.


Kepala Dinas Perikanan Seluma, Zuraini--

"Saat ini kondisi cuaca sangat Ekstrem. Hujan yang turun seharian, dikhawatirkan, kerap terjadinya gelombang air laut tinggi. Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya nelayan. Untuk dapat selalu waspada saat melaksanakan aktivitas di laut," imbau Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Zuraini, SP MSi kepada Radar Seluma.

Terlebih lagi, sejak sepekan belakangan ini. Kerap terjadinya turun hujan disertai angin. Sehingga mengakibatkan gelombang laut menjadi tinggi dan dapat membahayakan para nelayan saat melaut. Pergantian cuaca ini memang kerap terjadi di setiap tahunnya. Membuat situasi di sekitar lokasi perairan pantai (Laut) di wilayah Kabupaten Seluma, menjadi lebih ekstrim dari hari-hari sebelumnya. Dinas Perikanan menghimbau kepada para nelayan jika memungkinkan untuk tidak melaut untuk sementara ini. Mengingat kondisi cuaca yang buruk.

 

"Kepada nelayan, jika akan melaut dapat melihat kondisi cuaca terlebih dahulu. Mengingat kondisi cuaca beberapa hari belakangan ini kerap berkondisi Cuaca buruk," sampainya.

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi pada saat ini. Diperkirakan akan terjadi hingga pergantian tahun mendatang.

 

 

Cuaca Buruk Hingga Awal Januari

 

SEMENTARA ITU Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma juga menyampaikan sesuai dengan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas sedang sampai dengan deras akan terjadi di wilayah Kabupaten Seluma sampai dengan bulan Januari.

Untuk antisipasi bencana, BPBD sudah mensiagakan seluruh Satuan Tugas (Satgas) dan juga sudah menyampaikan imbauan kepada masing-masing kecamatan.

 

"Sampai dengan tanggal 2 Januari prakiraan cuaca hujan sedang sampai dengan deras. Untuk hujan hari ini (kemarin) masih intensitas sedang. Kita sudah mengimbau masyarakat agar waspadai  cuaca  buruk," kata Ketua Pelaksana BPBD Seluma Mirin Ajib, SH, MH, kemarin.

Disampai oleh Mirin untuk wilayah yang rawan terjadi banjir merupakan Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, Lubuk Sandi, Semidang Alas, dan Ilir Talo.

 

"Ada beberapa kecamatan yang terus kita lakukan antisipasi apabila terjadi banjir. Dan kita imbau masyarakat untuk mengantisipasi cuaca buruk sampai dengan akhir bulan ini," sambungnya.

Terkait dengan bencana yang  terjadi disampaikan Mirin hingga dengan berita ini dibuat belum ada laporannya. "Kita berharap tidak ada bencana yang terjadi. Dan sampai dengan saat ini tidak ada bencana yang terjadi," tutupnya.(ctr/adt)

Sumber: