Olahan Dari Batok Kelapa Ternyata Mendunia, Dijadikan Ini

Olahan Dari Batok Kelapa Ternyata Mendunia, Dijadikan Ini

briket batok kelapa--

 

radarselumaonline.com Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah Briket batu bara, Briket arang, Briket gambut, dan Briket biomassa.

 

Dilansir dari Wikipedia, Antara tahun 2008-2012, Briket menjadi salah satu agenda riset energi Institut Pertanian Bogor. Bahan baku Briket diketahui dekat dengan masyarakat pertanian karenabiomassa limbah hasil pertanian dapat dijadikan Briket. Penggunaan Briket, terutama Briket yang dihasilkan dari biomassa, dapat menggantikan penggunaan bahan bakar fosil.

 

Pembuatan Briket dengan tempurung kelapa terhitung mudah dan sederhana. Briket arang memiliki nilai ekonomis apabila dikemas dengan menarik, terlebih orang banyak mencari Briket tempurung kelapa karena memiliki panas yang lebih tinggi, tidak berbau, dan lebih tahan lama dibandingkan dengan arang kayu. Apabila tertarik memanfaatkan tempurung kelapa sebagai arang, maka Anda harus mengetahui terlebih dulu harga batok kelapa di pasaran saat ini.

 

Ternyata Briket dari tempurung diekspor ke negara Eropa dan juga dari negara timur tengah, bahkan tersebar diasia.

 

Berikut cara mengelola Briket dari tempurung :

 

Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar), langkah ini disebut sebagai pengarangan.

Setelah selesai, Anda dapat melakukan pengayakan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang lembut dan halus.

Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.

Langkah berikutnya yakni pencampuran media. Arang serbuk gergaji, tempurung kelapa dan lem kanji (campuran tepung kanji dan air) dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%. Saat pencampuran, ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan Briket dan dikempa. Jemur di atas terik matahari sampai benar-benar kering dan arang batok kelapa siap digunakan.

 

Sumber: