Dibangun Miliaran, Wisata Batu Bekinyau Terbangkalai

Dibangun Miliaran, Wisata Batu Bekinyau Terbangkalai

Kondisi bangunan air terjun batu bekinyau yang terlihat terbengkalai--



SENGKUANG JAYA, radarselumaonline.com - Sungguh sangat disayangkan, bangunan miliaran rupiah yang telah dibangun di lokasi wisata Air Terjun Batu Bekinyau yang berada di Desa Sengkuang Jaya, Kecamatan Seluma Barat.

Sejak dibangun dan telah diresmikan pada tahun 2019 yang lalu terkesan tidak terawat.

Pada saat saat ini bangunan miliaran rupiah tersebut terlihat terbengkalai. Dengan tanpa adanya pengelolaan dari pihak Dinas maupun pihak pemerintah desa setempat.

Padahal air terjun Batu Bekinyau saat ini masih memiliki potensi wisata alam yang alami. Terlihat, bangunan aset yang telah dibangun dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 yang lalu.

Pada saat ini kondisinya memperhatikan. Dengan kondisi bangunan yang tidak terawat dan telah dipenuhi oleh semak belukar.

"Iya bisa dilihat sendiri saja bagaimana kondisi bangunan di Wisata Air Batu Bekinyau ini. Pasalnya, dari diresmikannya bangunan wisata ini dari tahun 2019. Hingga saat ini belum juga adanya perawatan dari pihak terkait," sampai Hasbi alias Mamad, salah satu warga desa setempat.
Beberapa bangunan yang menggunakan anggaran DAK dari Kementerian pada tahun 2019 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,8 Miliar seharusnya menjadi penunjang fasilitas dari air terjun Batu Bekinyau. Namun pembangunan sembilan Item pendukung di lokasi pariwisata Air Terjun Batu Bekunyau berupa Gasebo, pembuatan jalur pejalan, mushola, toilet, panggung kesenian, tempat parkir, tempat penjualan sovernir dan gapura saat ini dibiarkan terbengkalai.

Untuk Itu, masyarakat berharap agar wisata tersebut dapat menghasilkan dan menumbuhkan keekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sengkuang. Karena air terjun ini memiliki wisata yang alami. Untuk pihak terkait, dapat kiranya melakukan pengurusan wisata tersebut sebaik mungkin.

"Kita sangat mengharapkan kepada pihak terkait dan warga sekitar. Agar wisata ini dapat dimanfaatkan dengan baik," harapnya.
Kondisi pembangunan jalan menuju ke desa Air Terjun Batu Bekinyau pada saat ini juga sudah rusak. Pasalnya, jalan tersebut yang sempat dijanjikan oleh PT Bengkulu Indah Lestari (BIL) untuk melakukan perbaikan. Ternyata sampai saat ini tidak kunjung dilakukan.(ctr)

 

Sumber: