Angka Kemiskinan di Seluma Turun

Angka Kemiskinan di Seluma Turun

Wakil Bupati Seluma, Drs. Gustianto,--

PEMATANG AUR - Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto menyampaikan stunting dan angka kemiskinan menjadi fokus pemerintah. Disampaikan Wabup stunting sudah mengalami penurunan. Kemudian angka kemiskinan juga mengalami penurunan.

"Untuk angka kemiskinan kita saat ini agak turun. Namun persentase pastinya kita belum tahu. Tetapi kalau stunting sudah pasti mengalami penurunan," kata Wabup, kemarin (21/12).

 

Untuk angka kemiskinan dikatakan Wabup dalam waktu dekat laporan angka kemiskinan akan dilakukan sinkronisasi. Yang bertujuan untuk akurasi angka kemiskinan.

"Untuk upaya-upaya penurunan angka stunting ini sudah kita lakukan dengan bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait," jelasnya.

 

Untuk mengurangi stunting dan angka stunting dikatakan Wabup seluruh steakholder di Seluma harus bersatu padu. Tidak hanya Dinas Kesehatan, hal ini juga perlu dukungan dari pemerintah desa. Karena saat ini dari 182 desa dan 20 kelurahan baru tercatat 60 desa yang memiliki jamban sehat keluarga. Sehingga hal ini perlu campur tangan dari pemerintah desa untuk turut membantu masyarakat yang belum memiliki jamban sehat.

 

"Kemudian untuk OPD teknis Dinas Kesehatan tolong disosialisasikan lagi kepada masyarakat. Apalagi di Ulu Talo. Daerah itu merupakan locus kita," sambung Wabup.

 

Yang juga menjadi perlu perhatian dikatakan Wabup adalah banyaknya usia perkawinan yang di bawah umur. Perkawinan di bawah umur itu dijelaskannya sangat berpontensi anak yang dilahirkan nanti mengalami stunting.

"Banyak yang belum siap untuk menikah. Mereka sudah hamil, lalu kemudian memutuskan untuk bercerai. Sehingga ini membuat anaknya nanti kurang perhatian. Termasuk juga kurang nutrisi dan berpotensi mengalami stunting," urainya.

 

Wabup menyampaikan usia ideal untuk wanita menikah adalah 21 tahun. Apabila di bawah itu maka tubuh masih membutuhkan asupan nutrisi. "Kalau di bawah itu, ibunya masih dalam masa pertumbuhan," tutupnya.(adt)

Sumber: