Ada Pelayan Baru yang Ramah, Bernama 'Bella' Sambut Pemudik Nataru di Bandara Soetta

Ada Pelayan Baru yang Ramah, Bernama 'Bella' Sambut Pemudik Nataru di Bandara Soetta

Robot pelanan bernama bella (disway.id)--

 

TANGERANG, radarselumaonline.com – Ada yang baru saat ini di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Pihak PT Angkasa Pura II, selaku pengenola bandara, mengadirkan pelayanan periode mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ( Nataru ) bernama Bella.

 

Pihak pengelola Bandara Soetta mengerahkan robot pelayan bernama ' Bella ' ini dalam rangka mengahdirkan pelayanan ramah terhadap penumpang di bandara yang super sibuk di dunia dan masuk peringkat 8 tersibuk.

 

Kehadiran Robot pelayan 'Bella'  ini diharap dapat membantu penumpang. Robot ini, akan selalu menyapa para pemudik Nataru. Sehingga akan mengahdirkan keramahan Bandara Soetta sepanjang periode peak season pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

 

 

Namun kehadiran robot ini tidak secara full. Robot pelayan Bella bertugas secara bergantian di boarding lounge Terminal 3 (domestik dan internasional) serta Terminal 2 dan Terminal 1 untuk berkeliling menyapa calon penumpang pesawat  serta membagikan secara gratis makanan ringan, minuman dan hand sanitizer di boarding lounge keberangkatan domestik dan internasional.

 

 

 

 

Ditemui, President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan kehadiran robot pelayan Bella di tengah pengguna jasa penerbangan merupakan salah satu upaya perseroan untuk secara berkelanjutan menghadirkan pelayanan berbasis teknologi dan berkelas dunia.

 

“Ada 2 unit robot Bella yang dihadirkan di tengah periode angkutan Natal dan Tahun Baru. Satu unit diperkenalkan di Bandara Soekarno-Hatta, dan 1 unit lainnya ada di Bandara Kualanamu. Kehadiran Bella ini menjadi satu langkah maju bagi AP II dalam mengimplementasikan teknologi robot dalam melayani traveler.”

 

 

 

“Robot Bella kami harapkan juga dapat menghibur traveler di tengah peak season libur Natal dan Tahun Baru. Kehadiran robot Bella merupakan layanan khusus selama periode angkutan Nataru untuk menciptakan customer experiences yang baik, serta sekaligus sebagai apresiasi dari AP II terhadap traveler,” ujar Awaluddin.

 

Awaluddin menjelaskan, robot pelayan Bella menjadi bagian dari evolusi layanan yang tengah dicanangkan AP II di Bandara Soetta dan bandara-bandara perseroan lainnya.

 

Adapun operasional Bella dimonitor oleh PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang merupakan anak usaha dari AP II.

 

Direktur Utama APS Dorma Manalu menuturkan robot Bella dapat beroperasi maksimal 6 – 8 jam per hari.

 

 

“Robot Bella dapat bergerak secara mandiri atau autonomous (otonom) dalam berkeliling menyapa traveler. Bella dilengkapi dengan sensor dan kamera 360 derajat untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan,” ujar Dorma.

 

 

Adapun robot pelayan Bella ini melengkapi jajaran robot yang telah dioperasikan di Bandara Soetta seperti robot pembersih lantai (robotic scrubber drier), baggagetowingtractor, robot DiLo, serta transportasi publik yang juga dapat dioperasikan secara otonom yakni Skytrain guna menghubungkan setiap terminal di bandara. (klik www.disway.id)

 

Sumber: