Harga TBS Sawit di BSL Tinggal Rp. 1980

Harga TBS Sawit di BSL Tinggal Rp. 1980

Humas PT BSL--

 
BENGKULU SELATAN - Harga tandan buah segar (TBS) saat ini bukannya terus naik, akan tetapi terus mengalami penurunan. Saat ini Rp 1.980 per kg dari sebelumnya Rp 2.170 per kg. Hal ini disampaikan Humas PT Bengkulu Selatan Lestari (BSL) di Desa Air Sulau, Kedurang Ilir, Idius Syafari SH.
 
"Ya, harga TBS kini kembali turun,"ucap Idius.
 
Dikatakan Idius, anjlok harga TBS kembali seperti sekarang ini bukan kehendak pihak pabrik atau mempermainkan harga. Akan tetapi karena harga CPO dunia yang kembali turun.
 
"Pembelian TBS tergantung dengan harga penjualan CPO, jika harga CPO naik, harga TBS juga naik, namun jika harga CPO turun, pembelian TBS ikut turun,"ungkap Idius.
 
Diakui Idius, pasokan TBS dari petani terus meningkat. Bahkan sudah mencapai 500 ton lebih perhari. Hal itu terus mendekati angka normal pembelian TBS hingga 800 ton perhari. 
 
"Ya, pasokan TBS terus meningkat,"beber Idius.
 
Idius menambahkan, saat ini harga TBS terus berubah naik turun hingga harga tertinggi mencapai Rp 2.170 per kg dan terendah hingga Rp 1.900 per kg. Namun hal itu tidak serendah pembelin TBS sebelumnya hingga mencapai Rp 700 per kg.
 
"Kita harap harga TBS kembali normal,"demikian Idius. 
 
Wawan petani kelapa sawit di BS mengaku khawatir harga sawit kembali turun. Namun , sebelumnya harga TBS masih di atas Rp 2.000 per kg. Saat ini sudah dibawah Rp 2.000 per kg. Kondisi ini dikhawatirkan akan terus turun.
 
"Kita harapkan harga TBS tidak turun kembali diangka  Rp 1.000,"imbuh Wawan.(yes)
 
 
 

Sumber: