Bupati Dukung Pengenalan Kesenian dan Budaya di Usia Din

 Bupati Dukung Pengenalan  Kesenian dan Budaya di Usia Din

Bupati BS disambut dengan tarian--

i

BENGKULU SELATAN, RADARSELUMAONLINE.COM -  Pengenalan kesenian  dan Budaya  harus terus di lestarikan mulai usia dini.

Harus menjadi contoh untuk masyarakat Bengkulu Selatan. Sebab, di era teknologi yang semakin canggi ini akan hilang dengan sendirinya, jika tidak di lestarikan.Oleh karena itu, mengenalkan kesenian daerah dan Budaya sediri di usia dini menjadikan Budaya dan seni akan semakin berkembang.

 

Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE.MM mengajak semua pihak agar secara bersama-sama melestarikan kesenian dan Budaya mulai usia dini.

Bahkan, di pentas resmi  sangat positif diisi oleh kalangan anak-anak usia dini,  baik penampilan tari napa atau tari sambut sekapur sirih.

 

"Dari kecil diberikan pelajaran ataupun kita contohkan hal-hal yang baik, "Insya Allah" mereka akan tetap mengingat, karena daya ingat atau rekam pada anak masih sangat kuat.

Yang kelak mereka akan bercerita pada anak-anaknya, kemudian bercerita pada cucu-cucunya, dengan demikian adat Budaya serta kesenian akan tetap lestari,"ungkap Gusnan.

 

Pentas kesenian dan Budaya, sambung Gusnan tidak dimungkiri akan mengundang daya tarik pengujung baik wisata lokal atau luar bila ini benar-benar dilestarikan. BS memiliki kesenian dan Budaya yang tidak kalah menarik, namun sayangnya kesenian ini mulai menurun karena kurang di lestarikan oleh penggiat. Dinas parawisata sangat menjadi motor untuk ikut serta dalam pengembangan kesenian dan pengembangan Budaya.

"Seperti kata pepatah belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar setelah dewasa laksana mengukir di atas air,"pungkas Gusnan.

Untuk itu, sangat diharapkan keterlibatan semua pihak dalam pengembangan kesenian dan Budaya dalam menjaga adat istiadat.

 

"Saya optimis kesenian dan Budaya ditinggalkan para nenek moyang akan semakin mendunia, jikala kesenian dan kebudayaan mulai di giatkan oleh para penggiat dipelajarkan kepada anak-anak, baik melalui ekstra kuri kuler sekolah atau belajar melalui kelompok,"tegas Gusnan.

 

Kabag Humas Pemda BS, Dwi Prian Dona ST.ME mengkau menjadi lebih baik bila memperkenalkan culture dan kebudayaan kita sendiri mulai usia dini pada anak.

Dengan mengenal kesenian dan kebudayaan di usia dini akan di harapkan mampu mencintai dan bisa menjaganya. Sebab, kesenian dan kebudayaan adalah salah satu aset bangsa yang jadi warisan leluhur kita secara turun temurun.

 

"Kebudayaan kita adalah kekayaan dan aset bangsa yang patut dilestarikan, Budaya dan kebudayaan akan tetap jadi cermin keperibadian menunjukkan kita adalah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian yang berbudi luhur dalam menjaga kelestarian  kebudayaan,"pungkas Dwi.(yes)

Sumber: