Rata Rata Ikut Tes PPK Seluma, Kaum Milenial

Rata Rata Ikut Tes PPK Seluma, Kaum Milenial

Anggota KPU Seluma Devisi Sosialisasi Edy Ansori sat diwawancarai --

 
 
PASAR TAIS - Dalam pelaksanaan tahapan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah Kabupaten Seluma yang telah dilaksanakan sejak tanggal 6 Desember. Melalui seleksi tes tertulis dengan sistem CAT yang telah dilaksanakan di 3 SMK Negeri favorit yang ada di Kabupaten Seluma. Rata-rata para peserta yang lulus didominasi generasi -generasi Milenial.
 
"Iya, ini agak menarik. Setelah kita perhatikan pada pelaksanaan CAT banyak yang lulus generasi-generasi milineal," sampai Edi Anzori, AMd selaku Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Kabupaten Seluma saat dikonfirmasi Radar Seluma diruang kerjanya.
 
Dikatakannya, adapun faktor yang mendukung dipengaruhi dengan faktor lebih mahirnya di dalam menggunakan komputer. Bahkan di dalam penguasaan akademis masih fres. Diketahui, jika para peserta PPK yang sebelumnya lolos pada administrasi berjumlah 404 orang. Hanya saja pada saat pelaksanaan tes, hanya di hadiri sebanyak 397 orang. Lantaran diketahui 7 peserta tidak menghadiri pada pelaksanaan tes.
 
Sesuai SK KPU RI No. 46 tahun 2022 tentang pedoman teknis pembentukan badan ad hoc penyelenggara Pemilu dan Pilkada, menetapkan paling banyak 3 kali kebutuhan. Apabila terjadi kesamaan nilai seleksi tertulis pada urutan terakhir dari jumlah kebutuhan PPK dan PPS yang dimaksud. Maka seluruh calon anggota PPK dan PPS memiliki nilai tersebut dinyatakan lulus seleksi tertulis melalui CAT.
 
"Pada pelaksanaan tes CAT calon PPK dari 404 peserta, hanya diikuti 397 peserta dan hasil akhirnya kita ambil sesuai kebutuhan sebanyak 15 orang atau 3 kali kebutuhan untuk per kecamatan," ujarnya.
 
Dirinya juga menambahkan, dari kebutuhan sebanyak 5 orang per kecamatan. Hanya 15 - 17 peserta peraih nilai tertinggi tes tertulis di atas nilai 70 yang bakal mengikuti tahap seleksi selanjutnya yakni interview.
 
Dari peserta peraih nilai tertinggi dan masuk dalam nominasi kebutuhan, didominasi wajah baru kaum milenial yang rata-rata baru lulus kuliah atau yang sudah pernah beberapa kali mengikuti seleksi CPNS. Hal tersebut dikarenakan dari 75 butir soal yang dikerjakan terdapat soal tentang wawasan kebangsaan.(ctr) 
 

Sumber: