Baru Dua Parpol Lengkapi Perbaikan Verfak

 Baru Dua Parpol Lengkapi Perbaikan Verfak

Ketua KPU Seluma, Sarjan--

 

PEMATANG AUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma saat ini melakukan perbaikan verifikasi faktual lima Partai Politik. Lima Parpol tersebut adalah Partai Umat, PKN, Garuda, Hanura dan Partai Buruh. Dari kelima partai tersebut, sebanyak dua partai yakni Partai Buruh dan Hanura yang sudah hadir. Sedangkan tiga parpol belum hadir. 

Ketua KPU Seluma Sarjan Effendi, mengatakan bahwa kedua partai yang sudah hadir sudah mendatangi KPU dan menyerahkan berkas perbaikan. Sedangkan tiga partai lainnya belum hadir.

"Ada lima partai baru yang belum lolos verfak. Serta kami minta lakukan perbaikan. Kemudian sudah kami undang dan hari ini (kemarin) baru dua partai yang hadir," kata Sarjan.

Lebih lanjut, Sarjan mengatakan untuk partai yang belum hadir. KPU memberikan kemudahan untuk verifikasi keanggotaan partai ini. KPU memberikan opsi dengan mengumpulkan anggota partai tersebut disuatu tempat. Kemudian tim verfak akan datang dan melakukan verfak secara langsung.

"Kami memberikan beberapa opsi untuk verfak. Yang pertama bisa dikumpulkan anggota partai disuatu lokasi agar bisa diverfak langsung," tegasnya.

Kemarin opsi kedua, tim verfak siap melakukan verfak melalui video call. Untuk wawancara secara langsung jarak jauh. Serta memastikan keanggotaan parpol tersebut. Kemudian opsi ketiga, jika memang daerah tersebut terkendala sinyal, maka KPU memerbolehkan agar dilakukan rekaman video terlebih dahulu kemudian serahkan ke KPU Seluma langsung.

"Untuk kekurangan syarat verfak lima parpol ini kami tunggu paling lambat pada Rabu (7/12)," pungkasnya.(adt)

 

Sumber: