55 Desa di Seluma, Belum Ajukan Pencairan Tahap 3

  55 Desa di Seluma,  Belum Ajukan Pencairan Tahap 3

dana desa--

 

PEMATANG AUR - Sampai dengan kemarin dari 182 desa yang ada di Kabupaten Seluma masih ada 56 desa lagi yang belum cair Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga. Dan masih ada 55 desa, yang belum cair Dana Desa (DD) tahap ketiga.

Hal tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Sumiati, SE, MM. Disampaikan oleh Sumiati sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) maka terakhir pengajuan pencairan ADD dan DD tersebut pada tanggal 23 Desember.

"Saat ini baru 126 desa yang cair ADD tahap ketiga, dan juga 125 desa yang cair DD tahap ketiga. Untuk DD proses pencairannya tiga tahap yaitu tahap pertama sebesar 40 persen, kedua 40 persen, dan yang ketiga saat ini sebesar 20 persen. Sesuai dengan Perbup, maka di bawah tanggal 24 Desember sudah harus mengajukan pencarian," kata Sumiati, kemarin.

Dijelaskan Sumiati saat ini ada 14 desa yang sedang diproses KPPN Manna. Dan untuk 125 desa DD tahap ketiga sudah masuk dalam Rekening Kas Desa (RKD).

"Kita mengimbau agar segera, karena pada tanggal 24 Desember pukul 16.00 WIB KPPN Manna juga sudah tutup dan tidak membuka pelayanan lagi. Sehingga bagi yang belum untuk segera mengajukan di bawah tanggal 24 Desember," sambungnya.

Untuk besaran anggaran DD tahun ini secara total adalah senilai Rp135 miliar, dan ADD sebesar Rp48 miliar. Dalam hal ini BKD terus mengingatkan dan menyampaikan kepada pemerintah desa untuk segera melakukan proses pengajuan DD dan ADD.(adt)

Sumber: