Tanah Longsor, Jembatan Air Maras Seluma Terancam Putus

 Tanah Longsor, Jembatan Air Maras Seluma Terancam Putus

Jembatan Air Maras Seluma yang alami longsor di bagian pondasi--

 

GUNUNG MESIR - Akibat hujan deras beberapa waktu lalu membuat sejumlah tanah longsor. Salah satunya tanah jembatan penghubung Desa Gunung Mesir dan Desa Telatan yang terancam putus.

Dikatakan Kepala Desa Gunung Mesir Alkihin dikonfirmasi kemarin (30/11), jembatan yang berada area pemukiman warga yang menghubungkan beberapa Desa ini dan Kecamatan terancam putus akibat tanah di bagian pondasi jembatan longsor. Dan bisa saja sewaktu-waktu jembatan ambruk.

‘’Kami pemerintah desa dan masyarakat mengharapkan  dengan adanya longsor ujung jembatan tersebut dapat segera diperbaiki dengan pelapis tebing. Takutnya pada musim hujan sungai Air Alas meluap bisa membahayakan dan mengancam keselamatan masyarakat. Apalagi jembatan tersebut merupakan akses jalan utama kepada masyarakat. Anak-anak sekolah setiap harinya melintas jalur ini. Untuk mengantisipasi bahaya, pemerintah harus menindak lanjuti untuk melakukan perbaikan dengan memasang pelapis tebing di bagian tanah yang longsor agar lebih aman,’’jelasnya. 

 

Tanah longsor ini juga mengancam jembatan putus sebab kondisi longsor ini di bawah pondasi jembatan.

Kades mengungkapkan kondisi tanah longsor tersebut sudah terjadi beberapa waktu lalu.  Kondisinya telah mengancam jembatan sebagai akses transportasi bagi warga ke areal usaha pertanian. Jalan ini juga akses jalan lintas masyarakat.

‘’Tanah pondasi jembatan tersebut terjadi pengikisan, akibat derasnya hujan yang terjadi belakangan ini. Dikhawatirkan jembatan tersebut ambruk bila tidak dilakukan tindakan yang cepat oleh pemerintah terkait,"ungkapnya.(apr) 

Sumber: