Gaji Honorarium 274 Petugas Kebersihan Tak Naik

 Gaji Honorarium 274 Petugas Kebersihan Tak Naik

Perugas kebersihan di Bengkulu Selatan sedang melasanakan tugas.--

 

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) BENGKULU SELATAN (BS) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) BENGKULU SELATAN mengaku kesulitan untuk menaikan besaran honorarium. Pasalnya, minimnya alokasi anggaran daerah.

 

"Ya, keuangan daerah belum memungkinkan. Maka usulan untuk menaikan gaji (honorarium) tenaga kebersihan masih sulit teralisasi untuk tahun depan,"ungkap kepala DLHK BS, Haroni SP.

 

Dikatakan Haroni, saat ini masih terfokus dengan anggaran dana rutin kegiatan di DLHK, dana tersebut dipastikan tidak memungkinkan untuk menambah kenaikan honorarium petugas kebersihan yang jumlahnya mencapai 274 petugas. Untuk saat ini, besaran honorarium yang diterima penyapu jalan dan penjaga taman berkisar Rp 900 ribu perbulan, kru angkut dan sopir sampah berkisar Rp 1 juta perbulan. 

 

"Kalau kebijakan daerah untuk menaikan honorarium petugas kebersihan belum bisa, tetapi kalau nanti atau tahun depan sistemnya sudah menjadi tenaga outsourcing atau alih daya pihak ketiga bisa saja mengikuti kebijakan perusahan dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan petugas kebersihan,"tutur Haroni.(yes)

 

Sumber: