Isu Uang di Rekening Brigadir J Capai 100 T, Hoax

Isu Uang  di Rekening Brigadir J Capai 100 T, Hoax

sidnag dnegan terdakwa ferdy Sambo salah satu pelaku pembunuhan terhadap Brigadir J--

 

JAKARTA, RADARSELUMAONLINE.COM – heboh-heboh saat ini, tentang  isu rekening Brigadir atau atas nama Yosua N Hutabarat mencapai triliunan rupiah di tabungannya dan ditahan PPTK.

 

Namun isu inimenemui titik terang. Disebutkanjumlah fantastis rekening Brigadir J mencapai Rp 100 triliun. Dipastikan oleh pihak berwenang, bawa isu itu adalah hoaks atau merupakan informasi tidak benar.

 

 

Disebutkan dalam unggahan yang beredar di youtube, dengan judul "Berapa Isi Rekening Josua".

 

 

 

 

Disebutkan melalui informasi itu, ada surat diterima keluarga Brigadir Yosua dari BNI Cabang Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

 

Di dalam surat, menurut informasi itu, tercatat nilai nominal saldo ataupun transaksi mencapai Rp 99,99 triliun dengan jenis debet.

 

 

Bahkan disebutkan ada penghentian sementara transaksi pada rekening tersebut atas surat permintaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

 

Menanggapi isu tersebut, petinggi PPATK menyampaikan kebenaran terkait rekening Brigadir J.

 

 

“Beberapa ratus juta saja isinya,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada wartawan, Sabtu 26 November 2022.

 

 

 

Sedangkan terkait sumber aliran dana di rekening Brigadir J, Ivan enggan menyebut lebih lanjut dan menyerahkan informasi tersebut ke Bareskrim.

 

 
Putri Chandrawathi saat menjalani sidnag di Pengadilan Negeri--

 

“Tanya Bareskrim ya. Hasil analisis sudah kami serahkan,” ujar Ivan.

 

Mengemukanya informasi rekening Brigadir J, korban kasus pembunuhan berencana dengan terdakwa Ferdy Sambo dkk, di antaranya ada transaksi meski korban telah meninggal dunia dan dimakamkan.

 

 

Isi rekening Brigadir J ditransfer pihak lain ke rekening Bripka RR saat pemakaman berlangsung.

 

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mengatakan, rekening bank atas nama Brigadir J digunakan untuk keperluan rumah tangga di Jakarta.

 

 

Sedangkan rekening atas nama Bripka RR digunakan untuk keperluan rumah tangga di Magelang.

 

“Untuk rekening Yosua itu adalah keperluan kas di Jakarta, dan sedangkan untuk Ricky untuk keperluan kas di Magelang,” ujar Putri saat hadiri persidangan secara virtual, Selasa 22 November 2022.

 

 

 

 

Lebih lanjut, Putri menjelaskan bahwa uang masuk yang tercatat dalam rekening digunakan untuk keperluan keluarga.

 

“Dan kalau bisa dilihat dari rekening koran dua bulan terakhir, kalau keluar masuk uang tersebut untuk keperluan keluarga kami,” jelasnya.

Sumber: