Sampel Darah Ternak Diambil, Uji Vaksin

 Sampel Darah Ternak Diambil, Uji Vaksin

Vaksin Ternak--

 

BENGKULU SELATAN - Dinas Pertanian (Distan) melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Bengkulu Selatan (BS) akan mengambil sampel darah ternak. Yang kemudian, sampel tersebut akan dikirim ke Balai Veteriner (BVet) Provinsi Lampung.

BVeT merupakan Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan RI.

Kepala Dinas Pertanian BS Edi Siswanto, S.Pt melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Yasirli, SP membeberkan, pengambilan sampel darah ternak tidak lain untuk mengetahui kekuatan imun didalam tubuh hewan.

Selain itu, juga bertujuan untuk menguji kualitas vaksin yang digunakan dalam penanganan PMK selama ini.

 

"Dalam pengambilan sampel darah ini hanya bagi ternak yang sudah dilakukan vaksinasi PMK dua kali. Pengambilan sampel darah ini perintah langsung dari Balai Veteriner Lampung,"ucap Yasirli.

Selain itu, untuk memastikan agar wabah PMK ini benar-benar hilang, pihaknya akan kembali melakukan vaksinasi ke hewan ternak di BS. Sebelumnya, pihaknya kembali mendapatkan tambahan vaksin PMK sebanyak 3 ribu dosis. Kegiatan vaksin PMK ini dipastikan akan dituntaskan hingga akhir tahun 2022 ini.

 

"Akan kembali melakukan vaksinasi ke seluruh ternak di wilayah Kabupaten BS. Hanya saja, kendala bagi petugas di lapangan masih banyaknya hewan ternak yang berkeliaran. Untuk itu, agar pelaksanaan vaksin berjalan lancar, diharapkan ternak di kandangkan,"pesan Yasirli.(yes)

 

Sumber: