Absensi Manual Tidak Berlaku, Terapkan Aplikasi Si-ALAP

 Absensi Manual Tidak Berlaku, Terapkan Aplikasi Si-ALAP

Kadis Kominfo BS Susmanto--

 

BENGKULU SELATAN - Selama ini, absensi manual menggunakan lembar kehadiran terdapat banyak kendala, antara lain kurangnya efisiensi waktu. Menyikapi permasalahan tersebut. Diskomifo BS merancang dan memecakan persoalan tersebut, agar laporan kinerja, kehadiran ASN lebih gampang dimonitor oleh atasan yakni dengan Sistem Informasi absensi dan Laporan Kinerja Pegawai secara online yang disebut (Si-ALAP).

Penerapan aplikasi tersebut sudah dibawa dalam forum rapat melibatkan Sekda, BKPSDM guna memperjelas penerapan, inovasi tersebut direspon sekda selaku atasan ASN.

 

"Ya, pemkab BS akan terapkan absensi secara online atau disebut aplikasi SI-ALAP. Ini memudahkan pengimputan data baik kehadiran, waktu kembali kerja. Bahkan, aplikasi ini lebih valid daripada sistem yang lama yakni manual. Sebab data terintegrasi dalam satu basis data," ungkap kepala Diskominfo BS Ir. Susmanto MM melalui Sektaris Suwito MM kepada awak media, Kamis (24/11/2022).

Dikatakan Suwito, Sistem Informasi absensi dan Laporan Kinerja Pegawai (Si-ALAP) diterapkan rencananya mulai tahun 2023. Dirinya menyebut aplikasi ini diterapkan laporan kinerja lebih gampang di verifikasi oleh atasan.

"Jika aplikasi Si-Alap diterapkan maka pengawasan melekat bisa berjalan dengan baik. Sementara absensi manual tidak diberlakukan,"kata Suwito.(yes)

 

Sumber: