Empat Titik Kabel Trafo PLN Tais Digasak Maling

 Empat Titik Kabel Trafo PLN Tais Digasak Maling

Manager PLN Tais--

 

PEMATANG AUR - Empat titik kabel trafo milik PLN di Kabupaten Seluma  dikabarkan hilang. Diduga kabel tersebut digasak maling. Belum diketahui tempat empat titik kabel yang diduga dicuri tersebut. Namun dipastikan dua di antaranya berada di RT 01 Kelurahan Masmambang, Kecamatan Talo, dan satu lagi di Kelurahan Sembayat, Kecamatan Seluma Timur. Diduga pelaku pencuri kabel ini sudah profesional. Karena sudah mengetahui cara melepas kabel. 

Manager ULP PLN Tais Fitriya Velayanti saat dikonfirmasi membenarkan hal tesersebut. Dikatakannya total ada sekitar 192 meter kabel tembaga yang hilang diduga dicuri.

"Ya betul kita kembali kehilangan kabel jurusan trafo. Ada empat titik yang hilang. Betul kabel tersebut memiliki nilai jual karena berbahan tembaga. Satu trafo ada empat kabel yang dicuri satu kabel panjanganya 12 meter. Selain rugi material akibat kabel dicuri juga terjadi pemadaman listrik di sekitar," kata Fitriya, kemarin (22/11).

Sementara itu Junaidi Alpian salah satu masyarakat Kelurahan Masmambang menyampaikan kehilangan kabel di trafo depan SDN Masmambang ini diperkirakana sekitar pukul 04.30 WIB. "Tadi itu masyarakat baru tahu sekitar pukul 07.00 WIB. Karena ada beberapa rumah masyarakat yang listriknya padam, dan ada yang tetap menyala. Dan betul setelah ditelusuri bahwa listrik padam akibat kabel trafo hilang," sambung Didi.

Setelah mengetahui kabel trafo hilang masyarakat selanjutnya melapor ke PLN. Sehingga sedang dilakukan perbaikan oleh PLN. "Tadi saat kami lewat sudah mulai diperbaiki. Dan tadi juga di Kelurahan Sembayat juga ada kejadian kehilangan kabel trafo. Yang jelas pelaku ini sudah profesional. Kalau masyarakat awam tidak akan mengetahui cara melepas kabel itu," jelasnya.

Akibat kejadian ini PLN ditaksir mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Seperti yang diketahui sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi juga di Desa Kayu Arang, Kecamatan Sukaraja. Dan tidak hanya di Seluma kejadian ini juga terjadi di sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu. Akibat kejadian ini PLN sudah membuat laporan kepada polisi.

Kemudian informasi yang diterima Radar Seluma pencurian kabel trafo listrik kembali lagi terjadi di Kota Bengkulu. Kali ini salah satu gardu di Jalan Irian Kelurahan Semarang menjadi sasarannya.(adt)

 

Sumber: