2023, Disperindagkp BS Bentuk 3000 UMKM

 2023, Disperindagkp BS Bentuk 3000 UMKM

Bupati BS ke kementrian ajukan revitaslisasi pasar--

 

BENGKULU SELATAN - Untuk membangun pertumbuhan perekonomian daerah, serta kemajuan sektor perdagangan industri lokal di Kabupaten BS. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Disperindagkop-UKM) BS terus berupaya membangkitkan perekonomian warga dengan membentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ya, pada tahun 2023, Disperindagkop UKM BS menargetkan 3000 UMKM bisa terbentuk di BS," ungkap kadis Perindagkop UKM BS, Binagransya SP.MM melalui Kabid Koperasi dan UMKM,  Devi Kartika SE.

Dikatakan Devi, banyaknya UMKM diharapkan para pelaku usaha di BS bisa mengincar dan tembus ke pasar global. Oleh karena itu pihaknya terus melakukan pembinaan kepada UMKM BS. Pelaku UMKM BS diminta agar memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Hal ini bertujuan agar para pelaku UMKM lebih mudah menjangkau pasar nasional hingga internasional berbasis online.

"Semua pelaku UMKM akan dibina, juga kita upayakan agar semuanya punya NIB," ujar Devi.

Diakui Devi, di BS sudah terbentuk 700 pelaku usaha. Rinciannya 500 pelaku usaha mikro (UM) dan 200 usaha warung. Namun dari ratusan pelaku usaha, baru 100 unit usaha yang memiliki NIB. Sementara sisanya masih dalam proses pengajuan.

"Pertumbuhan UMKM menjadi wadah utama kemajuan ekonomi daerah. Semakin berkembang usaha mikro dan menengah, maka perputaran uang di daerah juga akan semakin tinggi," pungkas Devi.

Sambung Devi, media untuk promosi sudah banyak, tinggal lagi teknik penjualan dan peluang masuk ke pasaran global itu yang penting. Jika pelaku usaha enggan mengadopsi metode terbaru, maka usaha hanya akan kesulitan untuk maju.(yes)

 

Sumber: