60 Desa Gelar Pilkades 2023

 60 Desa Gelar Pilkades 2023

Kepala Dinas PMD Seluma--

 

PEMATANG AUR - Sebanyak 60 desa dipastikan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di pada tahun 2023 mendatang. Hal ini menyusul masa jabatan kepala desa tersebut sudah habis. Lantaran telah menjabat selama 6 tahun lamanya. Bahkan, ada juga beberapa kepala desa yang meninggal dunia. Dimana Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Seluma diketahui telah mulai melakukan persiapan untuk pelaksanaannya Pilkades nantinya.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto, S Sos MM saat dikonfirmasi Radar Seluma mengatakan, untuk rencana pelaksanaan Pilkades pada tahun 2023 mendatang. Akan diikuti sebanyak 60 desa yang akan menggelar pelaksanaan Pilkades yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Terbanyak terdapat di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dengan 9 desa yang akan mengikuti pelaksanaan Pilkades di tahun 2023 mendatang.

"Benar, ada 60 desa yang akan mengikuti Pilkades di tahun 2023 mendatang. Terbanyak itu di Kecamatan SAM. Nanti pelaksanaannya di 2023," sampainya.

Untuk masa berakhirnya ke 60 kades tersebut bervariasi. Untuk sementara, dalam mengisi jabatan Pjs kades akan diutamakan para pegawai di kantor kecamatan masing-masing. Apabila terjadi kekurangan orang maka Pemkab Seluma akan mengutus Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya yang akan ditunjuk sebagai Pjs kades. "Jika masa jabatannya sudah habis, nanti akan dijabat dahulu oleh Pjs. Sembari menunggu pelaksanaan Pilkades digelar," pungkasnya.(ctr)

 

Sumber: