Pasokan TBS Kurang, Harga TBS Turun

Pasokan TBS Kurang, Harga TBS Turun

Sawit--

BENGKULU SELATAN - Harga Tandan Buah Segar (BS) turun setelah sebelumnya mengalami kenaikan. Namun demikian harga TBS saat ini masih di atas Rp 2000 per kg. "Harga TBS turun namun harga sekarang diangka Rp 2050 per kg,"ungkap Humas PT Bengkulu Selatan Lestari (BSL) di Desa Air Sulau, Kedurang Ilir, Idius Syafari SH.
Dikatakan Idius, sebelumnya harga TBS pada minggu lalu sempat menyentuh diangka Rp 2.160 per kg. Namun dalam minggu ini dua kali mengalami penurunan yakni empat hari lalu turun ke angka Rp 2.100 per kg dan saat ini turun lagi ke angka Rp 2.050 per kg. 
Untuk diketahui, penurunan harga tersebut bukan karena permainan harga oleh pihaknya. Tapi, pengaruh harga CPO Dunia. "Harga CPO dunia turun, jadi terpaksa harga pembelian TBS turun,"kata Idius.
Idius mengaku, untuk pasokan TBS ke pabrik pihaknya saat ini terus bertambah bahkan hampir normal. Jika sebelumnya harga kisaran 400 ton perhari. Namun saat itu sudah mencapai 500 ton perhari. Hal itu menandakan jika produksi sawit petani sudah terus naik. Namun demikian, jumlah pasokan TBS tersebut masih kurang. Sebab pihaknya membutuhkan pasokan TBS hingga 700 ton sampai 800 ton perhari, agar operasional pabrik kembali normal. "Ya, terjadi kekurangan pasokan TBS 200-300 ton perhari saat ini," papar Idius.
Idius optimis, tidak lama lagi produksi sawit petani akan terus bertambah. Sehingga pasokan TBS ke pabrik dapat kembali normal. "Optimis harga TBS dalam waktu dekat akan kembali merangkak naik. Harga TBS turun ini hanya sementara," pungkas Idius. Asri salah satu petani kelapa sawit di BS menuturkan, bahwa harga jual TBS saat ini turun, tidak terlalu cemas. Sebab harga tersebut masih tinggi dibandingkan dengan harga sebelumnya sempat Rp 1.000 per kg. "Harga TBS turun masih mendingan karena masih diatas Rp 2 ribu per kg, dan mudah-mudahan bisa naik lagi,"harap Asri.(yes)

Sumber: