Pendataan Tahap Awal Regsosek Sudah Selesai

 Pendataan Tahap Awal Regsosek Sudah Selesai

Pendataan BPS--

 

PEMATANG AUR - Badan pusat statistik (BPS) Seluma saat ini sudah selesai melaksanakan melakukan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) 2022. Terhadap masyarakat Kabupaten Seluma. Untuk target awal pendataan Regsosek di Kabupaten Seluma itu sebanyak lebih dari 61.000 Kepala Keluarga. Kemudian untuk tujuh desa yang sesuai dengan Permendagri masuk dalam wilayah Bengkulu Selatan juga sudah dilakukan pendataan bersama dengan BPS Bengkulu Selatan. Dan untuk hasil pendataan dicakup dalam data BPS Kabupaten Seluma.


kepala bps seluma--

"Alhamdulillah untuk pendataan tahap awal di lapangan sudah selesai per tanggal 14 November lalu. Sudah di seluruh wilayah Kabupaten Seluma termasuk juga dengan tujuh desa yang berada di perbatasan dengan Bengkulu Selatan. Sesuai dengan instruksi dari BPS Provinsi maka data di tujuh desa tersebut masih masuk dalam data BPS Seluma," kata Novrizal, SE, MM Kepala BPS Seluma, kemarin (15/11).

Dijelaskannya ada hampir 100 KK yang berada di wilayah tujuh desa tersebut. Kemudian untuk tahapan regsosek saat ini dikatakannya masih dalam rekap. Ada 41 orang petugas yang saat ini sedang dilatih untuk melakukan perekapan data.

"Untuk tahun ini pendataan awal, kemudian tahun depan adalah tahapan verifikasi. Yang mana nantinya forum di desa akan mengadakan pertemuan regsosek, dan nantinya akan memlakukan verifikasi terhadap data regsosek.

 

"Dalam hal ini kita tidak memiliki wewenang untuk menyampaikan hasil. Nantinya hasil akan diumumkan serentak. Setelah ini nanti pada tahun depan akan ada tahapan verifikasi yang mana forum di desa akan mengadakan pertemuan regsosek. Untuk kendala petugas di lapangan selama pelaksanaan pendataan regsosek ini secara umum adalah koresponden. Terkadang ada petugas yang harus datang berulang-ulang kali untuk menemui masyarakatnya. Kalau untuk perangkat desa mereka menyambut baik pendataan ini. Karena memang pendataan ini dimaksudkan untuk menjadikan keseluruhnya nanti satu data," tutupnya.(adt)

 

Sumber: