Wisata Tanjung Kuaw Tunggu Usulan Pokdarwis

  Wisata Tanjung Kuaw Tunggu Usulan Pokdarwis

rumah pohon yang terhenti--

 

TANJUNG KUAW - Rencana pemerintah Desa Tanjung Kuaw untuk menggiatkan dan menganggarkan wisata dari dana desa tahun anggaran 2023 masih menungggu usulan dari kelompok sadar wisata ( Pokdarwis). Untuk diketahui 10 alokasi prioritas dari dana desa (DD) salah satunya adalah untuk wisata. Namun sayangnya banyak desa yang belum paham memberdayakan potensi alam desanya menjadi magnet embrio PAD melalui wisata.

Sehingga potensi yang ada belum terpikirkan untuk menjadi ladang PAD desa. Satu satu desa yang potensi alamnya belum dilirik adalah Deda Tanjung Kuaw Kecamatan Lubuk Sandi. Potensi alam yang dimiliki bila tergarap akan mendatangkan PAD bagi Tanjung Kuaw adalah hutan desa, bantaran sungai untuk panjat tebing, air terjun.

Yang pernah dicoba namun terhenti adalah rumah pohon di hutan desa. rumah pohon tersebut sempat dibangun 1 unit tahun 2021, namun belum selesai, tetapi tidak dilanjutkan kembali baik finishingnya maupun untuk penambahan unit berikutnya.

Kades Tanjung Kuaw Heri Yulianto mengatakan bahwa tahun depan akan dianggarkan untuk wisata. " Tahun depan wisata dianggarkan, namun nominal dan bentuknya masih menunggu usulan dari Pokdarwis," katanya.

Dilanjutkannya usulan dari Pokdarwis ini belum diketahui prioritasnya yang mana. "Sampai sekarang belum ada usulan wisata yang mana yang akan digarap, apakah di hutan wisata ataukah bantaran sungai. Jika tidak ada usulan, maka pemerintah desa yang menentukan, sedang Pokdarwis hanya sebagi pelaksana lapangan saja," tutupnya. ( mrs)

 

Sumber: