Ini Dia, 5 Tips Cegah Jamur dan Karat pada Mobil

Ini Dia, 5 Tips Cegah Jamur dan Karat pada Mobil

mobil dibersihkan--

 

RADARSELUMAONLINE.COM  – Saat ini kondisi cuaca sedang tidak baik. Hujan kerap turun dengan intesitas yang tinggi dan lama. Hal ini, membuat pemilik kendaraan ridak 4 atau mobil, malas membersihkan mobilnya ke cucian. Karena sudah dicuci, kena hujan kotor lagi.

 

Selain cara berkendara, kondisi mobil sendiri juga harus mendapatkan perhatian khusus saat musim hujan.

 

Perhatian khusus untuk mobil di musim hujan ini juga akan berdampak pada keselamatan dalam berkendara.

 

 

Seringnya mobil basah dan tidak dikeringkan, mengakibatkan tumbuhnya jamur yang mulai timbul di kaca sehingga dapat mengganggu pendangan dalam berkendara.

 

Jamur kaca timbul karena adanya water spot atau sisa air hujan yang masih menempel di kaca mobil.

 

 

 

 

Selain itu, tak ketinggalan karat yang akan menggerogoti body mobil yang muncul karena kotoran dan serta genangan air di beberapa bagian mobil.

 

Akan tetapi ada 5 tips cegah jamur dan karat pada mobil di musim hujan

 

 

Menurut Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000, jamur dan karat, tak hanya bisa membuat tampilan mobil kurang sedap dipandang, tetapi juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak.

 

 

 

 

Ada 5 tips mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari jamur dan karat mobil.

 

 

1. Lokasi Parkir Mobil  

 

Sebisa mungkin pastikan mobil diparkir di lokasi yang memiliki atap. 

 

Ini menghindari bodi mobil dari terpaan curah hujan secara langsung, begitu juga apabila tiba-tiba matahari muncul dari  balik awan, dan menyorot langsung ke bodi mobil.  

 

 

2. Rajin Mencuci Mobil  

 

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di tubuh mobil, segera mandikan mobil atau semprot dengan air rumah setelah mobil diguyur hujan, supaya tak meninggalkan jamur. 

 

 

 

Jangan hanya bodinya saja, tapi juga bagian kolong mobil di mana berpotensi terkena cipratan genangan air hujan, yang tercampur dengan zat-zat kimia dan bisa menyebabkan karat.  

 

 

 

Mencuci mobil secara menyeluruh juga sebaiknya dilakukan ketika mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau bahkan terkena air pantai yang mengandung garam berlebih.  

 

3. Waspada Getah dan Serangga  

 

 

 

 

 

Pada saat perjalanan panjang atau ke luar kota, pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan. 

 

 

Bila ternyata ditemukan kondisi seperti itu, sebaiknya jangan dibiarkan lama dan sebaiknya langsung cuci mobil, dengan sampo mobil yang direkomendasikan. 

 

 

 

 

 

 

 

4. Goresan Pada Cat Mobil  

 

Kemudian yang perlu juga jadi perhatian, pastikan cat pada bodi mobil tidak ada yang terkelupas, entah itu akibat benturan atau hal lainnya. 

 

Pasalnya celah tersebut bisa berpotensi menyebabkan karat pada bodi mobil.  

Sumber: