Diberi Pelatihan, BUMDES Diharap Bangkitkan Potensi Desa

 Diberi Pelatihan, BUMDES Diharap Bangkitkan Potensi Desa

Pelatihan untuk Bumdes--

 

RIMBO KEDUI - Pengurus BUMDES di Desa SE Kecamatan Seluma Selatan diberikan pelatihan cara mengelola BUMDES dengan benar oleh Dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) Kabupaten Seluma bertempat di kantor Camat Seluma Selatan,Selasa (15/11).


Camat Seluma Selatan--


Selain pelatihan pengurus BUMDES juga diminta untuk mengisi berkas profil BUMDES, jenis usaha, alamat,penyertaan modal dari tahun ke tahun. Serta kondisi BUMDES saat ini, SK pengurus BUMDES, ADRT bahkan nomor rekening BUMDES.

Camat Seluma Selatan, Meri Arianto, SE menjelaskan, dalam mengelola BUMDES harus memiliki kemampuan khusus dalam mengembangkan jenis usaha yang ada di desa tersebut, agar BUMDES yang ada di desa khususnya Seluma Selatan dapat maju dan menambah pemasukan untuk desa.


" Hampir semua desa memiliki BUMDES akan tetapi berbeda-beda jenis usahanya. Saya sangat berharap dengan adanya BUMDES kemajuan sebuah desa dapat tercapai" kata Meri.

Lanjutnya, BUMDes sendiri merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

"Untuk meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat, pemerintah desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa"lanjut Meri.(ndo)

Sumber: