Vaksin PMK Dosis II Segera Disuntikkan

 Vaksin PMK Dosis II Segera Disuntikkan

vaksin--

 

PEMATANG AUR - Dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi di Kabupaten Seluma. Saat ini Pemkab Seluma melalui Dinas Pertanian terus melalukan vaksin PMK kepada sejumlah ternak sapi yang ada. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan untuk tahap pertama sudah 6.400 dosis vaksin disuntikkan kepada ternak sapi. Kemudian untuk dosis kedua saat ini vaksin sudah siap sebanyak 3.600 dosis. "Saat ini untuk dosis kedua vaksin nya sudah siap di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Kemudian segera akan kami suntikkan kepada ternak sapi di Kabupaten Seluma," kata Arian Sosial. 

Lebih lanjut, Arian mengatakan untuk dosis kedua saat ini sedang mempersiapkan petugas vaksinator PMK. Setelah semuanya siap akan dimulai penyuntikannyan. "Sekarang memersiapkan vaksin kedua. Setelah jadwal siap dan vaksinator siap, langsung kami mulai," tegas Arian Sosial.

Kemudian untuk kasus PMK sendiri saat ini di Kabupaten Seluma sudah sampai pada angka 1.005 kasus. Dari jumlah tersebut yang mengalami sakit sebanyak 836 kasus. Serta dari 836 kasus yang sakit, yang sudah sembuh sebanyak 790 sapi. Sedangkan yang potong paksa sebanyak 7 ekor. "Dari jumlah yang sakit. Hampir 100 persen sudah sembuh. Saat ini yang masih sakit masih dalam penanganan petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian," tegas Arian

Dinas Pertanian juga mengimbau kepada masyarakat pemilik ternak. Untuk tetap waspada. Serta jangan melepaskan ternak sapinya terlebih dahulu. Sampai kasus PMK tidak ditemukan kembali di Kabupaten Seluma.(adt)

Sumber: