Angka Tingkat Inflasi Seluma Turun ke 5%

Angka Tingkat Inflasi Seluma Turun ke 5%

--

PEMATANG AUR - Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto menyampaikan saat ini angka inflasi Kabupaten Seluma mengalami penurunan sebanyak 1 persen. Semula dari 6 persen saat ini tinggal 5 persen. Penunurunan angka inflasi tersebut disampaikan oleh Wabup tidak lepas dari dampak kenaikan salah satu komiditi yaitu kelapa sawit mengalami kenaikan hingga Rp2.000 per Kilogram. "Kalau tidak salah hasil evaluasi kemarin ada penurunan terhadap angka inflasi yaitu 1 persen. Yang membuat angka inflasi ini turun kita lihat dari segi penyerapan anggaran yang juga mempengaruhi ekonomi masyarakat. Kemudian juga dengan adanya kenaikan harga komoditi kelapa sawit saat ini juga berdampak dengan penurunan inflasi," kata Wabup, kemarin (9/11).
Angka 5 persen tersebut disampaikan Wabup mengalami penurunan. Namun untuk tingkat provinsi angka tersebut masih belum bisa dikatakan terendah. "Yang jelas mengalami penurunan. Kalau untuk tinggi atau tidak belum tahu. Termasuk turun," sambungnya.
Selain itu untuk melakukan pencegahan terhadap inflasi pada tahun depan, pemerintah daerah sudah mengusulkan anggaran untuk melaksanakan pasar murah, dan operasi pasar di sejumlah wilayah. Hal ini juga diharapkan nanti dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan sembako dengan harga murah. Kemudian juga mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok pasca penyesuaian harga BBM baru-baru ini.(adt)

 

Sumber: