TBS di Seluma Naik Lagi, Sudah di Atas 2.100

 TBS di Seluma Naik Lagi,  Sudah di Atas  2.100

sawit--

 

ILIR TALO - Harga Tandan Segar (TBS) Kelapa Sawit kembali naik. Saat ini Harga di kisaran 2100 sampai 2200 per kgnya. Untuk Harga di daerah Talo, pabrik sudah menerima sekitar Rp. 2100. sedangkan di wilayah Sukaraja dan Air Periukan sudah di angka 2200/kg. Sementara petani menjual ke pengepul RAM Rp 1.925 per kilogramnya.

Dikatakan  salah petani Andi dikonfirmasi kemarin (30/10), kenaikan sawit ini mulai berangsur-angsur. Sebelumnya Harga sekitar 1900, lalu 2000. kini Rp. 2100 di wilayah Talo sekitarnya. 

''naik untuk wilayah Talo sudah mencapai 2100. Dengan kenaikan ini, petani mulai bisa mengurus kembali kebun sawit. Bisa menyisikan uang untuk memupuk,''jelasnya.

Walau pun kini Harga pupuk mahal dan terus naik. ''Dengan Harga TBS kembali naik, petani sawit kembali bernafas untuk memenuhi segala kebutuhan. Dimana sebelumnya Harga TBS mengalami anjlok,''jelasnya.

 

Dikatakan Andi, dia mengambil ke petani di angka 1925 /kg. ''Saya mengambil kemasyarakat per kilogram saat ini Rp1. 925. Tentu ini kabar gembira bagi masyarakat sehingga hasil perkebunan mereka bisa dinikmati, dan tidak mengalami kerugian.  Dengan berguyurnya naik Harga TBS sawit ini sehingga petani sawit mulai bersemangat, dan mulai mengurus kebun sawit mereka,''jelasnya. 

 

Menurutnya jika Harga sawit naik dengan Harga normal bisa membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Disampaikan Andi beberapa waktu lalu Harga sawit sepat mengalami Harga turun drastis membuat sejumlah petani mejerit. Sekarang harganya mulai naik meskin tidak seperti Harga sebelumnya setidaknya Harga ini sudah bisa membantu warga, dalam seminggu terakhir ini Harga TBS kembali naik hingga 1.925 per-Kgnya(apr)

 

Sumber: