BLT UMKM Tersalur di 4 Kecamatan di BS

BLT UMKM Tersalur di 4 Kecamatan di BS

Perindag BS salurkan bantuan--

 
 
BENGKULU SELATAN -  Pascka kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), berdampak pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebab usaha mereka ikut terganggu. Oleh karena itu, Disperindagkop dan UKM BS menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada UMKM. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecik Mikro (Disperindagkop dan UKM) Bengkulu Selatan (BS), Binagransya MM.
 
"Sebanyak 500 UMKM kami berikan BLT yang tersebar di 11 Kecamatan, namun saat ini yang sudah kami salurkan di 4 Kecamatan,"kata Binagransyah.
 
Dikatakan Binagransya, ke- 4 Kecamatan tersebut ada 132 UMKM yang menerima BLT, yakni Kecamatan Air Nipis 29 penerima, Kedurang 36 penerima, Kedurang Ilir 34 penerima dan Bunga Mas 33 penerima. Dengan begitu pelaku UMKM yang belum menerima BLT sebanyak 368 lagi yang tersebar di 7 Kecamatan yakni Seginim, Ulu Manna, Pino, Pino Raya, Kota Manna, Pasar Manna dan Manna. 
 
"Untuk 7 kecamatan lagi disalurkan dalam waktu dekat ini,"beber Binagransyah.
 
BLT UMKM ini sama dengan BLT Dana Desa (DD) dan BLT kelurahan atau juga BLT nelayan yakni Rp 300 ribu. Hanya saja, jika BLT lainnya itu diserahkan uang tunai. Sedangkan untuk BLT UMKM ini dalam bentuk sembako. Namun demikian, nilai sembako tersebut sama dengan uang sebesar Rp 300 ribu.
 
"BLT UMKM ini kita berikan sembako langsung, tujuannya agar tidak dibelikan pada kebutuhan lainnya,"papar Bunagransya.
 
Sumber dana dari BLT UMKM tersebut yakni dari APBD BS. Adapun penerimanya yakni para pelaku usaha kecil di BS seperti tukang goreng, pemilik warung atau pemilik kios sekundang dan pelaku usaha kecil lainnya. Pemberian BLT UMKM ini diharapkan agar usaha kecil mikro di BS dapat terus berjalan dan mereka tidak gulung tikar akibat dari kenaikan harga BBM. Sebab hal itu telah menyebabkan harga kebutuhan ikut naik.  Sehingga dengan adanya penyaluran BLT UMKM dapat meringankan beban mereka.
 
"Dengan adanya BLT UMKM, usaha kecil mikro di BS terbantu dan usaha mereka tetap bisa maju dan berkembang,"demikian Binagransya.(yes)

Sumber: