Instruksi Bupati, Buku Sejarah Desa Digarap

 Instruksi Bupati, Buku Sejarah Desa Digarap

Bupati Seluma, Erwin Octavian--

 

 

PASAR TAIS - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Seluma melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seluma saat ini tengah mencanangkan pembuatan buku sejarah desa-desa, kelurahan hingga kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seluma, Marhaki Dinata, SPd MPd kepada Radar Seluma.

Disampaikan Nata, pembuatan buku tersebut dilakukan guna untuk menggali sejarah di setiap desa, kelurahan hingga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Dalam pembuatan buku sejarah tersebut nantinya akan dituliskan dan dijadikan produk yang berbentuk buku sejarah, melalui desa-desa, kelurahan hingga kecamatan.

"Pembuatan buku sejarah desa, kelurahan dan kecamatan sesuai perintah Bapak Bupati Seluma. Bahwa setiap desa, kelurahan dan kecamatan itu diharapkan dapat membuat buku sejarah tentang perjalanan desa, kelurahan dan kecamatan tersebut," sampainya.

Dirinya juga mengatakan, jika dalam pembuatan sejarah desa, kelurahan dan kecamatan tersebut. Saat ini telah dilakukan rapat di tingkat Kabupaten Seluma, dengan dihadiri seluruh Camat yang berada di Kabupaten Seluma. Bahkan pihak Kecamatan saat ini juga telah menggelar rapat bersama pihak desa dan tokoh masyarakat di dalam pembuatan buku sejarah.

Ini merupakan sesuai dengan Program Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE. Yakni Seluma berbudaya dan segera akan membuat produk Buku Sejarah Daerah. Buku-buku sejarah tersebut nantinya setelah dibuat oleh seluruh desa, kelurahan dan kecamatan. Nantinya akan dicetak sebagai buku sejarah daerah. "Yang penting mereka buat terlebih dahulu. Nantinya yang lebih baik akan kita cetak dan akan kita letakkan di Kabupaten. Hingga ke Perpustakaan Nasional untuk dijadikan koleksi di Perpustakaan Nasional," ujarnya.

Dimana dalam target pencetakan buku sejarah tersebut direncanakan akan dilakukan setelah buku tersebut selesai dibuat oleh masing-masing desa, kelurahan dan kecamatan.

"Target di setiap desa dan kecamatan kelurahan ini bisa ada sejarah yang diangkat dan dijadikan buku sehingga itu nanti akan kami cetak 5 rangkap di setiap desa untuk di letakan ke perpustakaan desa," jelasnya

Lebih lanjut Marhaki Dinata menyampaikan, tujuan utama Bupati Erwin membuat program buku sejarah desa kecamatan dan kelurahan tersebut adalah supaya generasi muda tidak lupa akan sejarah. Dimana setidaknya ada sebanyak 216 buku dari jumlah desa, kelurahan dan kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Nantinya akan dicetak sebayak lima rangkap. 

Dirinya juga yakin dengan ada buku sejarah tersebut ini nanti akan menggali potensi budaya ataupun mengetahui sejarah keluarga dan itupun akan mempermudah untuk menjalin silaturahmi yang selama ini terputus lantaran banyak tidak tahu asal usul ataupun sejarah. "Tujuan Bupati Seluma ini tidak lain adalah supaya generasi muda kita sekarang tidak akan lupa akan sejarah, kemudian juga di dalam program buku sejarah ini akan juga memuat potensi budaya sejarah dan peninggalan sejarah desa  setiap kecamatan tersebut, sehingga dengan itu dapat juga mempererat jalinan silaturahmi kita bersama," pungkasnya.(ctr)

 

Sumber: