Tambah Lokasi ETLE, Polda Bengkulu Minimalisir Penilangan Konvensional

Tambah Lokasi ETLE, Polda Bengkulu Minimalisir Penilangan Konvensional

Kombes Sudarno--


BENGKULU - Polda BENGKULU berencana menambah 5 titik dengan 8 alat kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan disebar di wilayah sekitar Kota Bnegkulu. 

Penambahan tersebut untuk mencegah tindakan oknum polisi yang melakukan tindak tilang secara manual.

"Untuk kedepan dalam waktu dekat ada rencana bulan depan kita sudah menambah 5 titik dengan 8 alat. Jadi ada 1 titik yang 2 alat," ungkap Kabid Humas Polda BENGKULU, Kombes Pol Sudarno, Kamis (27/10). Namun untuk titik pasangan 8 alat ETLE tersebut diungkapkan Sudarno masih belum ditentukan oleh Polda di mana saja lokasinya.

Bisa jadi sesuai dengan 5 titik yang informasinya sudah tersebar di masyarakat, atau bisa juga di lokasi lain.
"Kalau untuk di perempatan, sebenarnya bagusnya 4 alat, jadi semua arah bisa tercapture. Tapi karena alatnya mahal, jadi kita tempatkan untuk yang skala prioritas untuk pemasangan ETLE ini," ujar Sudarno.
Rencana penambahan ETLE ini menindaklanjuti instruksi Kapolri untuk tidak lagi melakukan penilangan secara Konvensional.

Selain ETLE statis, saat ini pihak kepolisian juga sudah menerapkan ETLE Mobile melalui mobil dan motor milik anggota Kepolisian.
Jadi nanti kendaraan ini akan merekam setiap pelanggaran lalulintas yang dilakukan oleh masyarakat.

"Selain itu petugas yang lain juga bisa menggunakan handphone masing-masing. Yang nanti bisa terhubung ke sistem kita, kalau sudah nanti disana akan diproses melalui capture foto maupun video," kata Sudarno.(Ken)

Sumber: