Armada Angkutan Sampah Tidak Dapat Difungsikan

 Armada Angkutan Sampah Tidak Dapat Difungsikan

Bupati dan Kadis DLHK BS--

 

 

BENGKULU SELATAN - Armada angkutan sampah milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) saat ini belum memadai.

Bahkan, tidak dapat difungsikan karena rusak. Membuat petugas kebersihan kesulitan angkut sampah ke pembuahan akhir TPA Padang Gilang kecamatan Kota Manna.

Alternatif dilakukan pihak DLHK datangi pihak kementrian dan DPR RI mohon dukungan dana DAK agar apa yang dibutuhkan dapat terwujud. Namun sampai hari ini, belum terelisasi seperti yang diharapkan.

Kepala DLHK BS Haroni, SP mengaku saat ini kondisi sarpras yang ada masih sangat kurang. Seperti, kontainer sampah hanya ada lima unit.

Padahal, semestinya paling tidak 10 unit kontainer untuk disebar di wilayah Kabupaten BS. Kemudian, armada truk pengangkut sampah sudah banyak yang rusak. Bahkan, untuk truk khusus derek container atau amrol sampah saat ini tinggal satu unit. Berharap dengan mendatangi langsung kementerian, anggaran DAK bisa digelontorkan untuk BS.

 

"Dengan kunjungan ke pihak kementerian beberapa waktu lalu bisa mengucurkan anggaran DAK penugasan tematik untuk BS tahun 2023 mendatang,"ungkap Haroni.

Dikatakan Haroni, penunjang untuk angkut sampah sangat diperlukan, terlebih sampah setiap hari dibuang ke TPA Padang Gilang berton-ton. Apabila sampah tersebut tidak dibuang akan terjadi penumpukan bahkan akan mengundang penyakit. Karena itu butuh sekali dukungan dana untuk menggapai pasilitas pendukung alat pembuang sampah.

"Usulan selain ke kementrian juga melalui DPR RI, dan mudah-mudahan apa yang diharapkan berhasil. Sehingga tercipta kota bersih,"tutur Haroni.(yes)

 

Sumber: