Kapal Cantika Express 77 Terbakar, 14 Korban Meninggal

Kapal Cantika Express 77 Terbakar, 14 Korban Meninggal

Kapal terbakar--

 

 

RADARSELUMAONLINE.COM – Musibah menimpa perhubungan laut. Kapal Cantika Express 77 kemarin terbakar. Dalam peristiwa kebakaran ini, total 14 orang meninggal. Informasi ini disampaikan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang.

 

Walau demikian, proses pencarian masih terus dilakukan dan akan dilakukan pada Selasa pagi. Sedangkan kapal yang terbakar tersebut kini masih mengambang di tengah laut, dan api masih membakar badan dari kapal itu.

 

Data yang disampaikan Kantor Percarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, korban meninggal dunia akibat kapal Cantika Express 77 yang terbakar dalam perjalanan dari Kupang-Alor, NTT menjadi 14 orang.

 

 

 
Korban kapal cantika--

 

Disebutkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur I Putu Sudayana, sampai dengan saat ini jumlah korban kapal terbakar sudah menjadi 14 orang.

 

"Sementara 97 korban kecelakaan kapal Cantika Express 77 telah dievakuasi menggunakan kapal SAR KN Antareja," jelasnya.

 

 

 

 

Secara keseluruhan ada 114 dari 240 orang dan dari jumlah tersebut tujuh orang meninggal dunia dan sekitar empat orang alami luka bakar.

 

Sementara, sisanya lagi saat ini masih berada di desa Naikliu, Kabupaten Kupang, yang menjadi lokasi atau tempat pertama dievakuasi.

 

 

 

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur melaporkan kurang lebih sebanyak 17 orang dilaporkan hilang dan dalam proses pencarian tim SAR dari saat terjadinya kebakaran kapal cepat Cantika Express 77 rute Kupang-Kalabahi Alor, NTT.

 

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy menjelasnkan saat ini Polairud Polda NTT membantu untuk mencari para korban kapal terbakar itu

 

 

 

 

Polairud menerjunkan dua unit kapalnya untuk membantu Basarnas Kupang dan TNI AL dalam pencarian sejumlah korban tersebut.

 

Para penumpang yang hilang itu, ujar dia diduga panik saat kejadian terbakarnya kapal Cantika Express 77 sehingga mereka melompat ke dalam laut untuk menyelamatkan diri dengan berenang.

 

 

 

“Jadi ada 177 orang di dalam kapal itu termasuk dengan kru kapal. Sebagian sudah berhasil diselamatkan,” tambah dia.

 

Lokasi terbakarnya kapal itu tak jauh dari pulau Timor dan pulau Kera, sehingga beberapa orang berusaha menyelamatkan diri lebih awal

 

 

 

 

 

 

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy menjelaskan detik-detik mesin Kapal Cantika Express 77 terbakar di tengah laut membawa ratusan penumpang.

 

 

KM Cantika merupakan salah satu kapal cepat yang menjadi moda transportasi laut bagi warga di NTT.

 

Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 13.30 WITA, Senin 24 Oktober 2022.

 

 

 

Nah dalam perjalanan di sekitar perairan Kupang di antara Pulau Kera dan pulau Timor kapal tersebut dilaporkan terbakar.

 

Laporan tersebut disertai dengan sejumlah video yang dikirimkan ke sejumlah grup Whatsapp. Dalam video tersebut sejumlah penumpang kapal sudah menggunakan pelampung dalam keadaan panik.

 

 

 

 

Terdapat pula anak-anak dan balita yang digendong oleh orang tua mereka.

 

Kadis Perhubungan Nusa Tenggara Timur Isak menyebut kejadian yang menimpa ratusan penumpang itu merupakan musibah yang tidak bisa diduga sebelumnya.

 

 

 

 

"Kini kita fokus untuk melakukan pencarian korban kapal terbakar, baru setelah itu investigasi dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)  jika proses pencarian sudah beres,” jelasnya Selasa 25 Oktober 2022.

 

Dalam proses pencarian perahu milik nelayan di Naikliu ikut membantu evakuasi penumpang Kapal Cepat express Cantika 77 yang terbakar dalam perjalanan Kupang menuju Kalabahi ibu kota Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

 

 

Nelayan membantu penyelamatan para penumpang Kapal Cepat Santika yang terbakar Senin sekitar pukul 14.00 WITA.

 

Kondisi cuaca di Naikliu terjadi gelombang dan angin cukup kencang namun sejumlah nelayan tetap berupaya memberikan pertolongan terhadap penumpang.

 

 

Saat ini tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang telah memberikan bantuan pertolongan dan evakuasi terhadap para penumpang maupun Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Cepat Express Cantika 77.(disway)

Sumber: