387 Petugas Lakukan Pendataan Regsosek

387 Petugas Lakukan Pendataan Regsosek

Pendataan BPS--

 

PEMATANG AUR - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma saat ini tengah melaksanakan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) ada 387 petugas yang saat ini tengah melakukan identifikasi terhadap masyarakat.

"Tahapannya panjang masih tahap awal pendataan Regsosek ini merupakan instruksi langsung dari Presiden. Jadi steak holder punya program sendiri dan saat ini data yang digunakan data sendiri. Seperti di Kementerian Pendidikan. Melalui Regsosek ini presiden mengharapkan ingin satu data perlindungan sosial. Apapun kebijakannya menggunakan data yang sama. Harapannya nanti data dari BPS yang khusus untuk melakukan pendataan bisa menjadi acuan dalam program kebijakan pemerintah. Namun perlu dipahami untuk menentukan dapat atau tidak bantuan nanti itu sudah bukan wewenang dari BPS," kata Kepala BPS Seluma Novrizal, SE, MM, melalui Arie Bukhari Adam S Koordinator fungsi IPDS, kemarin.

Meski waktu dalam pelaksaan Regsosek ini terbilang singkat, mengingat jumlah petugas yang akan melakukan pendataan ini cukup banyak maka bulan depan pendataan Regsosek tahap awal ini akan segera rampung.

 

"Ya, program ini merupakan dadakan. Karena kemarin ada kebijakan BBM. Dan diharapkan oleh presiden melalui bantuan sosial nanti ekonomi masyarakat dapat terbantu. Untuk sekarang tahapan pertama petugas verifikasi melakukan identifikasi terhadap keberadaan keluarga. Mana yang sudah pindah  dan masih berdomisili di sana. Baru nanti akan meminta informasi dalam hal tingkat kesejahteraan dari Kadus atau ketua RT sebagai ketua SLS," jelasnya.

Dalam hal ini seperti yang disampaikan BPS hanya melakukan pendataan. Selanjutnya data tersebut akan dikelola oleh pihak yang akan ditentukan oleh Presiden. Tidak hanya dikelola data hasil Regsosek ini nanti akan dilakukan permuktahiran.

 

"Untuk data nanti tentunya akan dilakukan pemuktahiran. Saat ini sedang dibahas Pilpres berkaitan dengan pengelolaan data ini nanti," tutupnya.(adt)

 

Sumber: