Alat Pendeteksi Gempa di BS Rusak

 Alat Pendeteksi Gempa di BS Rusak

Alat deteski gempa di BS--

 

BENGKULU SELATAN - Alat pendeteksi gempa bumi di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS mengalami kerusakan.

Namun, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari Kepahiang Provinsi Bengkulu telah melakukan pemeriksaan kerusakan alat tersebut pada Selasa kemarin (18/10/2022). Mengingat alat tersebut sangat penting bagi daerah.

Kepala BPBD BS, Ir. Trisman, M.Si menyampaikan alat WRS (pendeteksi gempa) ini sangat bermanfaat bagi daerah. Sebab, dengan adanya alat tersebut, pihaknya dapat mendeteksi adanya gempa bumi.

Bahkan, alat ini tidak hanya mendeteksi gempa di wilayah Kabupaten BS saja. Melainkan bisa menerima informasi gempa secara nasional karena memiliki tayangan smart display. Sayangnya, sejak beberapa hari lalu, alat tersebut tidak berfungsi lagi pada bagian layarnya.

Untuk itu, pihaknya langsung melaporkan kejadian itu ke BMKG Kepahiang.

"Setelah menerima laporan alat deteksi rusak oleh pihak BMKG Kepahiang langsung melakukan pengecekan terhadap kerusakan pada alat pendeteksi gempa bumi tersebut. Rencananya, alat tersebut akan dilakukan perbaikan oleh pihak BMKG,"kata Trisman.

Dijelaskan Trisman, selama ini dengan hadirnya alat tersebut, Kabupaten BS bisa selalu up date informasi gempa dan peringatan dini tsunami setiap saat.

Karena, dengan alat tersebut otomatis mengirimkan data-data lengkap dan akurat. Mulai dari pusat gempa, skala dan dampaknya. Untuk mengoprasionalkan alat tersebut, pihaknya menyiapkan personal khusus yang siap standby.

 

"Dalam waktu dekat alat tersebut diharapkan bisa diperbaiki oleh BMKG. Sehingga, ada potensi bencana gempa bumi ke depannya bisa diketahui lebih awal,"gumam Trisman.(yes)

Sumber: