Distan Tetap Vaksin Ternak, PMK Menghilang

 Distan Tetap Vaksin Ternak, PMK Menghilang

vaksin--

 

BENGKULU SELATAN - Sampai saat ini penyebaran kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak mulai menghilang di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Bahkan, dari ribuan ternak yang terjangkit PMK, tersisa 10 ekor dan bahkan masuk tahap penyembuhan. Meski demikian, Dinas Pertanian (Distan) mengantisipasi PMK tidak datang lagi, melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan akan tetap melakukan vaksinasi ternak.

 

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian BS Edi Siswanto, S.Pt disampaikan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Yasirli, SP, MM mengaku, stok vaksin yang tersisa saat ini masih mencapai 3 ribu dosis. Stok tersebut, diyakini cukup untuk melakukan vaksinasi bagi seluruh hewan ternak di Kabupaten BS, terkhusus di wilayah yang rentan terkena penyakit.

 

"Vaksinasi PMK akan tetap dilanjutkan. Kini stok vaksin masih tersisa 3 ribu dosis. vaksin ini akan di sebar ke seluruh desa di kecamatan Kabupaten BS,"ungkap Yasirli.

 

Dikatakan Yasirli, memang penambahan kasus PMK sejak beberapa pekan terakhir tidak terjadi lagi. Namun, sebagai antisipasi pihaknya akan tetap melakukan vaksinasi bagi hewan ternak milik masyarakat. Mengingat, penyakit tersebut datang secara tiba-tiba, begitupun saat menghilang juga tiba-tiba. Bukan tidak mungkin jika PMK datang lagi dan menyerang peliharaan ternak masyarakat.

 

"vaksin yang tersedia ini akan dihabiskan untuk diberihkan kepada ternak di BS. Agar PMK tidak ada lagi," pungkas Yasirli. (yes)

Sumber: