Dewan Segera Panggil Dikbud Provinsi, Terkait Surat Partisipasi HUT Golkar

Dewan Segera Panggil Dikbud Provinsi, Terkait Surat Partisipasi HUT Golkar

--

 
 
BENGKULU - Mencuatnya dugaan mobilisasi pelajar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Golkar di Bengkulu, pada Minggu (16/10) lalu, ditanggapi Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi. Dia sangat menyayangkan terkait surat dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu No 003/9075/DIKBUD/2022 bersifat penting, dengan prihal partisipasi HUT Partai Golkar menjadi sorotan dan disesalkan Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. 
 
Mengingat Dinas Dikbud Provinsi dinilai tak seharusnya mengeluarkan surat, yang malah menimbulkan kesan untuk meramaikan kegiatan Partai Politik (Parpol). 
 
"Saya sudah membaca surat yang beredar itu, dan meski d idalam surat juga ada embel-embel HUT Provinsi Bengkulu. Jadi surat partisipasi itu sebagai bentuk untuk menghormati Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang diketahui menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu," kata Edwar pada Senin (17/10). 
 
 
Menurutnya, terpenting dipahami, Dinas atau OPD itu urusannya birokrasi atau pemerintahan dan bukan malah sibuk ikut-ikutan kegiatan Parpol.
 
Bahkan pada saat ulang tahun PDI Perjuangan contohnya saja yang saat ini mayoritas memegang kepemimpinan pemerintahan di tingkat pusat, tidak pernah melibatkan unsur-unsur pemerintahan pada saat membuat kegiatan. Terlebih dalil kegiatan itu untuk pemecahan rekor MURI. 
 
 
“Kita minta kepada kepala daerah agar menahan diri dulu, dan OPD jangan mengulangi lagi hal tersebut, karena sudah tersebut dibatalkan tidak ada gunanya lagi, karena sudah dibaca. Tapi masalah ini kita akan panggil Kepala Dikbud Provinsi, termasuk cabang dinas,” tegasya.
 
 
Diketahui, dalam surat tertanggal 13 Oktober 2022 tersebut dan akhirnya dicabut kembali, Dikbud Provinsi Bengkulu meminta agar Kepala SMA Negeri se-Kota Bengkulu diminta mengikutsertakan peserta sebanyak 100 orang dari sekolah masing-masing pada Minggu (16/10) lalu di Stadion Semarak Sawah Lebar, untuk mengikuti jalan sehat nasional.(Ken)

Sumber: