Sulit Tangani Longsor, BPBD Butuh Alat Berat

 Sulit Tangani Longsor, BPBD Butuh Alat Berat

BPBD BS melakukan pengerukan longsor di jalan lintas Ulu Manna-Pagaram, tepatnya di desa Bandaragung saat menggunakan alat berat--

 

BENGKULU SELATAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan mengakui terkendala dengan ketiadaan alat berat, ini ketika terjadi bencana longsor. Menurut Kepala BPBD BS Ir. Trisman MM, saat ini mereka membutuhkan alat berat jenis exsapator. Apalagi di bulan Oktober dan November  2022 ini rawan terjadinya bencana longsor.

 

"Dengan ketiadaan alat berat tersebut, Trisman mengakui bila terjadi bencana longsor mengalami kesulitan saat ada longsor besar dan terutama yang menutup badan jalan. Mengingat evakuasi harus cepat dilakukan karena jika tidak akses jalan akan terhambat. Selama ini upaya dilakukan dengan cara mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor. Sembari membersihkan material longsor tersebut pihaknya juga menunggu bantuan alat berat dari dinas instansi lain dalam hal ini Dinas PUPR,"ucap Trisman.

 

Lanjut Trisman, alat berat jenis Exsapator memiliki multi fungsi. Selain untuk mengeruk material longsor alat tersebut bisa digunakan untuk mendorong ataupun mengangkut material longsor lainnya seperti kayu dan batu. Untuk itu, BPBD BS butuh alat berat tersebut.

 

Bahkan menurut Trisman, terkadang pihaknya juga terkendala alat berat yang hendak digunakan masih dipakai oleh pihak lain. Dengan kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi proses evakuasi yang dilakukan. Baru-baru ini melakukan evakuasi jalan longsor di Ulu Manna.

 

"Kami sangat butu alat berat dan pihak BPBD BS telah mengajukan permohonan ke pusat bantuan alat berat namun sampai saat ini belum terelisasi,"keluh Trisman.

 

Diakui Trisman, alat berat dalam penanganan longsor kerap dibutuhkan  ketika terjadi di jalan lintas Manna-Pagaralam. Tapi kebutuhan yang disampaikan  berupa propsal belum dapatkan hasil. Oleh karena itu, sangat diharapkan dukungan pak bupati untuk memperkuat usulan agar proposal disampaikan membawakan hasil.

 

"alat berat memang sangat penting guna permuda penanganan bencana longsor,"pungkas Trisman.(yes)

Sumber: