17.435 UMKM di Seluma, Banyak Ya??

17.435 UMKM di Seluma, Banyak Ya??

Gun Ibrori, Kadis Perindagkop Seluma--

 

PEMATANG AUR - Jelang berakhir pendataan Usaha Mikro Kecik Menengah (UMKM), 70 Enumerator sudah mencatat 17.435 UMKM yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma. Pendataan ini akan berakhir pada akhir bulan ini. Seperti yang diketahui untuk Kabupaten Seluma ditargetkan mendata 35 ribu UMKM.

"Saat ini sudah 17.435 UMKM yang terverifikasi oleh verifikator kami. Saat ini ada sekitar 700 UMKM yang belum diverifikasi oleh verifikator Disperindagkop. Ya target kita 35 ribu. Dan apabila tidak tercapai maka tidak menjadi masalah," kata Plt Kepala Disperindagkop UMKM Seluma Gun Ibrori, S.Pd, melalui Kabid Koperasi Aswin, SE, kemarin.

Dijelaskannya, ada keringan dalam pelaksanaan pendataan yang mana toke sawit ataupun pengusaha ramp yang belum masuk pendataan kini sudah termasuk dalam pendataan asalkan jangan terlalu menjurus ke pertanian. Seperti usaha kebun petani sawit.

"Untuk ramp dan toke sawit juga termasuk dalam pendataan UMKM. Yang tidak masuk itu usaha pertanian seperti usaha kebun sawit. Pendataan dilakukan sejak bulan Juni dan akan berakhir pada akhir bulan ini," sambungnya.

Guna meningkatkan peran pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Koperasi dalam perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan ketangguhan perekonomian bangsa, ketersediaan Data pelaku KUMKM menjadi sangat penting bagi pemerintah dalam mengakselerasi intervensi program agar tepat sasaran berdasarkan karakter, kebutuhan, dan lokasi usaha.

Kementerian Koperasi dan UKM sebagai leading sector dalam program pemberdayaan UMKM dan Koperasi, memiliki mandat untuk mempersiapkan, melaksanakan, dan mengelola basis data tunggal bagi UMKM.

Untuk mewujudkan Data Tunggal KUMKM, perlu dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan pendataan Lengkap Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PL-KUMKM).(adt)

 

Sumber: