15 Oktober, KPU Jalankan verifikasi Faktual

15 Oktober, KPU Jalankan verifikasi Faktual

Ketua KPU Seluma, Sarjan--

 

PEMATANG AUR - Pekan depan KPU Kabupaten Seluma akan menyelenggarakan verifikasi faktual terhadap keanggotaan Partai Politik. Jika seluruhnya lolos verifikasi administrasi maka ada 11 Partai Politik yang akan dilakukan verifikasi faktual. Menjelang verifikasi faktual KPU Seluma tengah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah rapat untuk memvaliditasi petugas-petugas yang akan turun ke lapangan untuk verifikasi faktual.

"Yang akan diverifikafi keanggotaan Parpol nanti cukup banyak. Apabila seluruhnya lolos maka ada 11 Paprol yang akan dilakukan verifikasi faktual. Untuk objek atau sampel yang akan dilakukan verifikasi faktual itu sebanyam 138 orang. Itu apabila jumlah keanggotaan Parpol minimum sebanyak 213 anggota. Untuk objek yang akan dilakukan verifikasi nantinya akan ditentukan oleh KPU RI dan akan diturunkan melalui Sipol," kata Sarjan Efendi, SE, M.Ak ketua KPU Seluma, kemarin.

Dikatakan Sarjan pada tanggal 11 Oktober nanti baru akan diketahui jumlah Parool yang lolos verifikasi administrasi. Dan diperkirakan pada tanggal 13 Oktober nanti sampel untuk melakukan verifikasi faktual sudah bisa diketahui.

"Untuk sampel nanti akan ditentukan secara acak oleh KPU RI. Tanggal 13 Oktober nanti kita baru mengetahui sampel yang akan didatangi saat verifikasi faktual," jelasnya.

Untuk rapat validasi petugas yang akan ke lapangan saat verifikasi faktual nanti dijelaskan oleh Sarjan akan diselenggarakan pada hari ini. Dan dilanjutkan pada tanggal 15 Oktober akan dilakukan verifikasi faktual.

"Kita akan melaksanakan validasi petugas yang akan ke lapangan untuk melakukan verifikasi faktual. Nantinya verifikasi faktual kita akan langsung mendatangi objek verifikasi keanggotaan Parpol," tutupnya.(adt)

 

Sumber: